Cara Merawat Body Mobil Sendiri agar Tetap Mengkilap

CARA MERAWAT BODY MOBIL – Tampilan body mobil selalu memiliki nilai terpenting. Khususnya untuk mobil yang baru Anda beli. Cara merawat body mobil masing sering dicari-cari oleh pecinta mobil Tanah Air. Maklum, di mana-mana yang dipandang keren itu dari body-nya dulu.

Meskipun body mobil bisa dibongkar-pasang, body mobil bawaan selalu memiliki kualitas lebih daripada pengganti. Suku cadang orisinalnya juga harganya mahal. Daripada keburu rusak, lebih baik lakukan perawatan body mobil seperti di bawah ini.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

[toc]

Tidak Memarkir Mobil di Bawah Pohon

Tempat-tempat teduh nan rindang memang menjadi lokasi favorit untuk memarkir kendaraan apa pun, termasuk mobil. Sayangnya pohon yang teduh itu kerapkali dikunjungi oleh burung- burung. Kalau tidak beruntung, mereka bisa mengeluarkan kotoran dan jatuh ke mobil.

Memang apa bahayanya? Setiap kotoran hewan itu sudah dilengkapi dengan zat-zat yang mudah busuk. Proses pembusukan itu sendiri dipengaruhi oleh mikroorganisme yang membantunya lekas busuk. Kalau untuk kotoran sih bagus, tapi kalau untuk body mobil?

Bisa-bisa cat yang bikin mobil mengkilap jadi mudah pudar. Kotoran burung yang menempel lama di body mobil akan meninggalkan jejak yang tidak menyenangkan. Untuk itu, kalau Anda menemukan ada kotoran apa pun di body mobil, lekas dibersihkan.

Hindari Air Hujan secara Terus-menerus

Perawatan body mobil kali ini juga lumayan mudah. Kalau ada tempat parkir tertutup masuki saja. Kalau tidak ada, tutupi body mobil dengan benda yang tidak bisa membuat air hujan meresap. Bisa dengan terpal, plastik, dan sebagainya.

Apa bahaya air hujan terhadap body mobil? Setiap tetes air hujan itu mengandung zat asam yang sangat berbahaya untuk lapisan body mobil. Kalau body mobil terkena air hujan terus-menerus, permukaannya bisa ditumbuhi jamur. Inilah tantangan cara merawat body mobil.

Jamur yang telanjur tumbuh akan membuat permukaan cat body mobil jadi mudah luntur. Lama-lama bisa membuat warnanya kusam. Jadi, sebisa mungkin kalau body mobil baru terkena air hujan, lekas-lekaslah dikeringkan untuk meminimalisir risikonya.

Poles dengan Wax

Wax itu memiliki sifat-sifat lilin. Wax bisa menjadi pelindung pertama ketika body mobil tergores atau terancam oleh aktivitas jamur. Tata cara menggunakan wax juga harus diperhatikan. Sebelum pakai wax, cuci mobil secara keseluruhan terlebih dahulu.

Setelah itu, keringkan. Kalau bisa, pakai lap chamois yang bisa cepat menyerap kandungan air di body mobil. Kalau sudah selesai, baru lakukan proses waxing. Oleskan obat poles di busa (kalau pakai obat cair). Gosokkan ke body mobil dan biarkan selama 10-15 menit.

Baru diberi wax. Caranya sama saja dengan penggunaan obat poles. Lakukan tipis-tipis saja. Kalau sudah, biarkan selama 5 menit. Bersihkan sisa-sisa wax kalau ada. Lakukan waxing sekali dalam satu bulan biar kilap pada mobil bertahan lama.

Pakai Cat Nitro Celulose Modified

Mobil keluaran tahun 90-an sampai saat ini masih banyak yang berkeliaran. Jadi tidak ada salahnya pakai cat ini untuk memberi kesan mengkilap pada mobil. Saat ini Nitro Celulose Modified sudah dilengkapi dengan hardener yang bikin warna catnya lebih kuat.

Kalau mau pakai Nitro Celulose biasa juga boleh. Asalkan padukan dengan perawatan yang tepat. Nanti hasilnya akan sama. Lebih murah pula. Harganya juga cukup murah. Tidak sampai 50 ribu Rupiah sudah bisa didapatkan.

Selain perlu ketelatenan, cara merawat body mobil juga perlu kewaspadaan. Ketika lengah dan tidak mengurus dengan baik, debu maupun kotoran akan mudah merusak lapisan body mobil. Keempat cara tersebut bisa Anda terapkan setiap saat kalau sempat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.