Beginilah Cara Merawat Anakan Lovebird yang Baik dan Benar Agar Cepat Besar

Cara Merawat Anakan Lovebird – Siapa yang tak kenal burung cantik berwarna indah yang selalu penuh kasih sayang ini? Lovebird atau burung cinta merupakan salah satu jenis burung yang dalam beberapa waktu terakhir ramai dibicarakan.

cara merawat anakan lovebird
www.satwapedia.com

Banyak orang yang penasaran ikut merawat burung ini sebagai hewan peliharaan karena mendengar suaranya merdu atau hanya ingin melihat sepasang burung tersebut saling menyayangi. Namun, bagi yang pemula atau baru saja mendapatkan piyik burung hasil dari penetasan akan bingung bagaimana cara merawat anakan lovebird kecil tersebut.

Berikut adalah artikel yang akan membahas seluk-beluk lovebird serta tentang bagaimana cara merawat anakan lovebird dari piyik yang baru saja menetas hingga menjadi anakan yang siap mandiri. Selamat membaca!

Mengenal Lovebird, Si Burung Cinta

cara merawat anakan lovebird
omhoby.blogspot.com

Burung cinta atau yang sering disebut Lovebird merupakan salah satu spesies burung bergenus Agapornis. Nama yang diberikan kepada burung kecil berukuran 13 – 17 cm ini karena tingkah laku umum mereka yang jika ada sepasang lovebird duduk saling berdekatan maka mereka akan saling menyayangi satu sama lain.

Delapan spesies dari burung yang dapat hidup antara 10-15 tahun ini diperkirakan berasal Afrika sedangkan satu spesies yang lain berasal dari Madagaskar , yakni spesies lovebird berkepala abu-abu.

Taksonomi Lovebird

Burung cinta terbagi menjadi tiga grup besar, yaitu:

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

  1. Grup Dimorfic, penampilan fisik jantan dan betina berbeda, yakni: Madagaskar, Red-headed Lovebird, dan Abyssinia.
  2. Grup Menengah, yakni: Peach-faced Lovebird.
  3. Grup Kacamata, yakni Fischer’s, Liliane (Nyasa), Black-masked, Black-cheeked Loviebird.

Spesies-spesies Lovebird

Lovebird termasuk dalam genus Agapornis yang dalam bahasa Yunani “agepe” yang berarti “cinta” dan “ornis” yang berarti “burung”. Total ada sembilan spesies lovebird yang sekarang sudah menyebar luas dari benua asalnya, Afrika. Kesembilan spesies burung cinta tersebut adalah sebagai berikut:

1. Black-masked Lovebird (Agapornis personata)

cara merawat anakan lovebird
www.youtube.com

Sesuai namanya, lovebird jenis ini bertopeng kepala hitam dan memiliki warna tubuh dominan hijau. Bulu dadanya kuning dengan paruh berwarna merah serta berkacamata putih. Panjang tubuhnya sekitar 14 cm. Daerah penyebaran asalnya ada di sekitar Tanzania, Kenya, dan Burundi.

2. Lilian’s Lovebird/Nyasa Lovebird (Agapornis lilianae)

cara merawat anakan lovebird
carolinabirds.org

Tubuhnya dominan berwarna hijau, termasuk pantat dan pinggangnya. Berkepala jingga, berparuh merah, dan berkacamata putih. Panjang tubuhnya mencapai 13 cm dan berasal dari daerah Malawi.

3. Peach-faced Lovebird (Agapornis roseicollis)

cara merawat anakan lovebird
en.wikipedia.org

Warna pada muka ini adalah merah muda dan didominasi hijau pada tubuhnya. Paruh berwarna gading. Bagian pantat dan punggungnya berwarna biru. Panjang tubuh 15 cm. Burung ini berasal dari daerah Angola, Afrika Selatan, serta Namibia.

4. Red-faced Lovebird (Agapornis pullarius)

cara merawat anakan lovebird
lnx.ornieuropa.com

Tubuh sebagian besar berwarna hijau dengan warna merah di bagian atas dan kepalanya.Warna merah lebih banyak dan lebih gelap di bagian muka dan kepala jantannya. Selain itu, jantan juga memiliki paruh yang lebih gelap dari betina. Panjang tubuh mencapai 15 cm dan berasal dari Afrika Tengah.

5. Black-collared Lovebird (Agapornis swindernianus)

taenos.com
taenos.com

Warna hijau pada burung ini lebih mendominasi tubuhnya dibanding yang lain. Hanya ada sedikit warna coklat yang melingkari lehernya dan hitam di belakang leher. Paruhnya berwarna hitam atau abu-abu tua. Tubuhnya memiliki panjang sekitar 13,5 cm. Berasal dari Afrika di bagian khatulistiwa.

6. Fisher’s Lovebird (Agapornis fischeri)

cara merawat anakan lovebird
www.pinterest.com

Bagian kepala dan tubuh atas berwarna jingga, dan tubuhnya berwarna hijau. Bagian pantat berwarna biru, berparuh merah, dan berkacamata putih. Panjang mencapai 14 cm. Jenis ini terdapat di daerah Danau Victoria bagian selatan di Tanzania Utara.

7. Black-cheeked Lovebird (Agapornis nigregenis)

cara merawat anakan lovebird
www.biolib.cz

Bagian leher dan belakang kepalanya berwarna coklat dan kepala depannya coklat kemerahan. Dada atasnya berwarna jingga, berparuh merah, dan matanya memiliki kacamata putih. Dominan tubuhnya juga berwarna hijau, panjang bisa mencapai 14 cm. Berasal dari Zambia.

8. Black-winged Lovebird/Abyssinian Lovebird (Agapornis taranta)

cara merawat anakan lovebird
dedandes.com

Beberapa helai sayap di burung lovebird spesies ini berwarna hitam dan tubuhnya juga didominasi warna hijau. Memiliki paruh berwarna merah. Kepala bagian depan pada jantannya juga berwarna merah, sedangkan betinanya seluruhnya hijau. Panjangnya bisa mencapai 16,5 cm dan berasal dari Eritria selatan hingga Ethiopia selatan.

9. Grey-headed Lovebird (Agapornis canus)

cara merawat anakan lovebird
www.hbw.com

Sesuai panggilannya, kepala burung ini berwarna hijau. Pada bagian punggungnya warna hijau tampak lebih gelap. Berparuh abu-abu muda. Tubuh bagian bawah jantannya berwarna hijau sedangkan bagian atas tubuh, leher, dan kepalanya berwarna abu-abu. Panjang tubuh 13 cm dan berasal dari Madagaskar.

Makanan Lovebird Dewasa

cara merawat anakan lovebird
en.wikipedia.org

Burung lovebird termasuk salah satu burung tak tidak terlalu rumit dalam hal pemberian jenis makanan. Di habitat aslinya, burung ini memakan makanan jenis buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian seperti milet, juwawut, atau jagung muda yang merupakan makanan favorit burung ini.

Selain itu, kita bisa berikan sayur-sayuran seperti bayam, kangkung, sawi, dan lain-lain kepada burung lovebird. Intinya jenis sayuran yang biasanya dimakan oleh kita dan masih layak bisa saja diberikan ke burung lovebird. Jenis makanan ini diberikan sebagai pakan tambahan penunjang kesehatan lovebird.

Pakan tambahan lain seperti buah-buahan juga harus rutin diberikan kepada burung lovebird. Makanan ini menjadi sumber vitamin untuknya dan kandungan gizi di dalam buah-buahan juga mampu meningkatkan kebugarannya.

Tulang sotong juga bisa diberikan sekali dalam 3-5 hari untuk menambah asupan kalsium bagi burung lovebird. Jagung muda yang masih mentah atau telah direbus juga bagus diberikan.

Hindari memberi makan lovebird pakan yang mengandung banyak gula dan lemak karena akan berdampak pada kesehatannya. Pakan jenis ini tidak sesuai dengan jenis pakan alami burung lovebird yang kebanyakan masih segar di alam liar, seperti sayuran, buah, atau biji.

 

Cara Merawat Anakan Lovebird

cara merawat anakan lovebird
kantonghobby.blogspot.com

Teknik perawatan lovebird yang sudah dewasa dan masih anakan tentu sangat jauh berbeda. Perlu perhatian ekstra hati-hati ketika merawat anakan lovebird yang baru menetas atau sudah berusia beberapa hari. Pemberian pakan menjadi yang paling utama harus kita ketahui bagaimana caranya. Nanti akan dijelaskan mengenai bagaimana cara merawat anakan lovebird.

Sangat dianjurkan bagi kita yang ingin merawat anakan lovebird agar membiarkan induknya sendiri yang memberikan makan atau meloloh. Secara naluri, sang induk mengetahui mana anaknya yang nanti akan tumbuh hingga dewasa dan mana yang tak sehat lalu dibiarkan mati.

Jika kita masih sangat pemula sangat dianjurkan untuk melakukan langkah di atas. Tapi jika ingin mencoba meloloh sendiri ada baiknya kita mengambil anakan burung lovebird setelah berumur 14 hari atau setelah keluar bulu-bulu halus di tubuhnya. Jika terpaksa, kita bisa mengambil anakan lovebird tersebut paling tidak setelah 3 atau 5 hari.

Makanan Anakan Lovebird/Piyik

cara merawat anakan lovebird
youtube.com

Jika kita ingin mencoba melolohkan sendiri, anakan lovebird makan hal-hal yang harus diperhatikan untuk pakan anakan lovebird yaitu: kebersihan alat, alat yang digunakan untuk meloloh, komposisi gizi, dan kandungan vitamin serta mineralnya. Beberapa jenis pakan untuk anakan burung bahkan perlu diperhatikan tingkat keencerannya secara pas.

Struktur tulang anakan lovebird yang belum sekuat lovebird dewasa membuat jenis pakan yang diberikan kepadanya harus dipilih secara hati-hati. Makanan dengan tekstur yang terlalu keras haruslah dihindari karena akan mengganggu pencernaannya.

Fase Pembesaran Anakan Lovebird

Setelah masa penetasan terlewati, maka selanjutnya adalah masa pembesaran anakan lovebird dari piyik. Masa ini merupakan masa yang paling kritis ketika merawat anakan lovebird.

Usahakan agar tidak terlalu sering membuka kotak sarang lovebird karena jika sang induk merasa terancam, kemungkinan besar sang induk akan membunuh anak-anaknya. Perlu waktu sekitar 4-6 minggu untuk induk lovebird membesarkan anak-anaknya hingga menjadi mandiri.

Biarkan proses pembesaran oleh sang induk tersebut berjalan secara alami tanpa ada gangguan sedikitpun dari dunia luar. Walaupun nantinya kita juga akan memberikan sedikit bantuan pada sang induk. Biasanya setelah berumur lebih dari 4 minggu, anakan lovebird sudah mulai terlihat keluar dari sarang.

Berikut ada cara merawat anakan lovebird dari piyik berdasarkan minggu-minggu setelah fase penetasan.

Minggu Pertama

cara merawat anakan lovebird
www.youtube.com

Masa kritis terjadi di minggu pertama setelah penetasan. Hindari pemberikan sayur seperti kangkung, toge, dan lainnya karena piyik lovebird belum bisa mencerna pakan jenis tersebut.

Walaupun sebenarnya sang induklah yang mengunyah sayuran sampai halus sebelum dilolohkan kepada anaknya, tapi tetap saja tidak ada jaminan sang induk akan mengunyahnya sampai benar-benar halus.

Jika dibiarkan saja, dikhawatirkan akan mengakibatkan kematian bagi piyik karena perutnya yang menggelembung dengan serat-serat sayuran yang melilit di saluran pencernaan atau di temboloknya.

Pakan piyik pada masa ini usahakan yang bertekstur lembut dan mudah dicerna seperti bubur bayi atau beras merah. Tambahkan vitamin berupa voer ayam untuk mempercepat pertumbuhan piyik menjadi anakan lovebird.

Minggu Kedua

cara merawat anakan lovebird

Piyik lovebird mendapatkan perlakuan yang sama seperti pada minggu pertama. Selama minggu pertama dan kedua, selalu perhatikan kondisi air minum. Kondisi air minum yang kotor dapat berakibat fatal pada piyik lovebird yang diloloh oleh sang induk.

Bersihkan tempat air minum di pagi hari dan ganti pada sore harinya. Dengan perlakuan seperti, sang induk dapat bangun di pagi hari dan dapat segera minum air yang bersih.

Minggu Ketiga

cara merawat anakan lovebird
henbae-m2.blogspot.com

Tubuh piyik lovebird mulai ditumbuhi bulu-bulu jarum di minggu ini. Pencernaan piyik juga sudah lebih baik sehingga pakan berupa jagung muda atau sayuran sudah bisa diberikan dengan porsi yang lebih banyak. Sebagai selingan, berikan biji bunga matahari kepada induknya.

Minggu Keempat

Di umur ini, biasanya piyik lovebird sudah mulai terlihat mencoba memanjat-manjat dinding sarang. Sesekali kepalanya kadang keluar untuk melihat keadaan di luar sarang. Kita bisa berikan vitamin agar kesehatan piyik yang siap jadi anakan lovebird ini tumbuh sehat.

Minggu Kelima

cara merawat anakan lovebird
www.klanggenan.com

Di fase inilah piyik sudah menjadi anakan lovebird dengan bulu yang mulai tumbuh lengkap. Langsung pisahkan anakan yang sudah mandiri. Ciri-cirinya yakni, jika anakan lovebird tersebut terbang ke bawah untuk mematuk biji yang jatuh ke dasar sarang, dan sesekali terbang ke tempat makanan yang sudah disediakan.

Pisahkan satu per satu anakan yang sudah mandiri tersebut, agar sang induk dapat berkonsentrasi pada pembesaran anakan lovebird yang lain.

Cara Membuat Pakan Piyik Lovebird

Jika ternyata kita sendirilah yang meloloh piyik lovebird, maka sebaiknya kita buatkan makanan bertekstur lembut dari bahan-bahan di bawah dengan langkah-langkah berikut.

Alat dan Bahan

1. Blender, sendok, dan timbangan
2. Pelet atau voer fancy, 450 gr
3. Bubur bayi
4. Tepung jagung atau maizena, 360 gr
5. Rumput laut, 150 gr
6. Vitachick, 15 gr
7. Neobro, 15 gr
8. Canary post, 15 gr

Langkah pembuatan

1. Pertama, campurkan tepung maizena dan voer fancy, aduk hingga rata.
2. Kemudian, campurkan bubur bayi, neobro, vitachick, dan juga canary post.
3. Terakhir, campurkan kedua bahan di atas hingga benar-benar tercampur rata.

Pemberian Pakan pada Piyik/Anakan Lovebird

youtube.com
youtube.com

Pakan yang sudah kita buat tadi, bisa kita simpan untuk cadangan di lain hari. Tempatkan pakan tersebut di ruangan yang kering serta terhindar dari lembab atau basah. Jika perlu gunakan plastik kedap udara yang mudah dibuka dan ditutup.

Jadwal makan untuk anakan lovebird perlu diperhatikan, tidak boleh sampai telat atau nanti mereka akan kelaparan dan membuat pertumbuhannya terhambat.

Piyik lovebird berumur 10 hari, usahakan pemberian makan dilakukan tiap 2 jam sekali. Jangan sampai temboloknya kosong. Seiring waktu berjalan, piyik akan tumbuh dan jadwal makan bisa berubah jadi per 3 jam atau 4 jam sekali, dan seterusnya.

Cara pemberian pada piyik/anakan lovebird yakni dengan mencairkan pakan tersebut dengan air hangat suam kuku. Jika anakan lovebird masih sangat kecil, agak encerkan pakannya. Dan, jika sudah mulai tumbuh besar dan pencernaan anakan lovebird sudah kuat keenceran bisa dikurangi.


Demikian pembahasan mengenai cara merawat anakan lovebird, semoga bisa membantu kita yang masih pemula untuk belajar dan menjadi referensi tambahan bagi yang sudah berpengalaman dan meloloh piyik lovebird ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.