Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Blog, atau Wikipedia

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet – Di zaman sekarang, informasi yang didapat di dunia maya melalui akses internet banyak digunakan oleh sebagian penulis sebagai bahan referensi atau sumber sebuah tulisan.

Akurat atau tidaknya informasi yang didapat dari sumber bacaan online tersebut tentu tak bisa dipastikan. Hal ini akibat dari sangat dinamis sebuah website berikut informasi yang ada di dalamnya. Artinya, sebuah artikel bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet
Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet via slideshare.net

Oleh sebab itu, demi keakuratan sebuah berita maka perlu diketahui cara menulis daftar pustaka dari internet yang baik dan benar. Sebab, dengan adanya daftar pustaka maka sebuah berita atau informasi dapat dilacak kebenaran hingga ke sumber utama awalnya.

Umumnya, cara penulisan daftar pustaka dari internet sama dengan penulisan daftar pustaka untuk media cetak seperti buku, jurnal, majalah dan lain sebagainya. Mengingat sangat penting daftar pustaka dibuat sebagai syarat kelengkapan sebuah karya ilmiah berikut sebagai bukti keotentikan tulisan.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Lalu, bagaimanakah cara menulis daftar pustaka dari internet yang baik dan benar? Berikut ulasannya.

[toc]

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Hingga saat ini masih belum ada cara baku dalam penulisan daftar pustaka yang berasal dari internet. Namun, agar sebuah karya ilmiah atau tulisan dapat dipertanggungjawabkan,paling tidak perlu kejelasan sumber dari internet yang mencantumkan unsur-unsur berikut ini:

  1. Nama penulis
  2. Judul artikel
  3. Waktu diterbitkan
  4. URL (alamat link artikel)
  5. Waktu mengakses artikel

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet,

Sekarang tak bisa dipungkiri, internet sudah banyak dijadikan sebagai referensi utama dalam mencari informasi. Referensi tersebut digunakan baik dalam urusan pekerjaan, sekolah, ataupun kebutuhan sehari-hari.

Bagi mereka yang menggunakan internet sebagai sumber utama, wajib mengetahui cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar. Dengan begitu diharapkan, tulisan artikel yang diperoleh menjadi lebih kuat argumentasinya berkat daftar pustaka tersebut dicantumkan.

Berikut ini adalah contoh cara menulis daftar pustaka dari internet dengan gaya penulisan yang berbeda dari beberapa sumber:

1. Gaya penulisan daftar pustaka APA (American Psychological Association)

Nama situs. Tanggal artikel dibuat. Judul Artikel. Waktu mengakses. Url lengkap.

Contoh: Teko Neko. (2016, 17 Juli). Contoh Penulisan Daftar Pustaka. Diperoleh 19 Agustus 2016, dari http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/

2. Gaya penulisan daftar pustaka MLA (Modern Language Association)

Judul artikel. Nama situs. Tanggal artikel dibuat. Waktu akses.

Contoh:“Contoh Penulisan Daftar Pustaka.” Teko Neko. 17 Juni 2016. Web. 19 Juni 2016. <http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/>

3. Gaya penulisan daftar pustaka MHRA (Modern Humanities Research Association)

Nama situs, “judul artikel”, deskripsi situs, tanggal artikel dibuat, [waktu akses]

Contoh: Teko Neko, ‘Contoh Penulisan Daftar Pustaka‘, Padamu Negeri Untuk Pendidikan Indonesia, 17 Juni 2016, <http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/> [diakses 19 Juni 2016]

4. Gaya penulisan daftar pustaka Chicago

Nama situs, “Judul artikel”, deskripsi situs, url lengkap (waktu akses)

Contoh: Teko Neko, “Contoh Penulisan Daftar Pustaka”, Padamu Negeri Untuk Pendidikan Indonesia, http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/ (diakses 19 Juni 2012).

5. Gaya penulisan CBE / CSE (Council of Science Editors)

Nama situs. Judul artikel [Internet]. Deskripsi situs, tanggal artikel dibuat [waktu akses]. Tersedia dari: url lengkap.

Contoh: Teko Neko. Contoh Penulisan Daftar Pustaka [Internet]. Padamu Negeri Untuk Pendidikan Indonesia, 17 Juni 2015, 10:55 UTC [dikutip 19 Juni 2012]. Tersedia dari: http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/

6. Contoh gaya lain penulisan daftar pustaka dari internet

Vebrian, 2013, Contoh Penulisan Daftar Pustaka, [pdf], (http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/.pdf, diakses tanggal 20 Juli 2016 )

7. Kutipan atau referensi yang diunduh melalui FTP

Neko, Teko. “Contoh Penulisan Daftar Pustaka.” FTP padamu.net/pug cccc95/lenterakecil (diakses tanggal 19 April 2017)

8. Kutipan atau referensi yang diambil dari Email

Teko Neko. “Contoh Penulisan Daftar Pustaka.” [email protected] (diakses tanggal 22 Juni 2016)

Catatan:
Jika nama situs ataupun waktu penerbitan tulisan tak diketahui, umumnya diganti dengan “____”. Satu hal yang penting judul artikel, alamat URL artikel bukan homepage, serta waktu diaksesnya tulisan tersebut WAJIB dicantumkan. Jika diperlukan hubungi si pemilik situs secara pribadi untuk mendapatkan keterangan yang lebih akurat dan jelas.


Demikian artikel tentang cara menulis daftar pustaka dari internet. Semoga semakin membantu untuk menghasilkan tulisan-tulisan bermanfaat untuk sesama. Jika ada yang perlu ditambahkan, silahkan tinggalkan jejak ya.

One comment

  1. assalamualaikum mau tanya, kalau di daftar pustaka itu harus ada hari bulan tahun sampai jam kita mengcoppas artikel nya buat di jadikan referensi? soalnya kata guru saya harus ada? kalau gtu gmn caranya? mohon bantuannya ya buat laporan prakerin

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.