Jangan Khawatir, Inilah 14 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

cara-menghilangkan-karang-gigi

CARA MENGHILANGKAN KARANG GIGI – Banyak sekali orang yang mengeluh dan merasa tidak percaya diri karena memiliki gigi yang tidak terlihat bersih dan putih.

Memang, banyak sekali kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan gigi menjadi tidak bersih, seperti merokok, minum kopi, dan sebagainya.

Sehingga, hal inilah yang menciptakan karang gigi dan membuat gigi terlihat kuning, tidak bersih. Semakin dibiarkan, semakin mengeras karang gigi tersebut.

Serangkaian Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena di sini akan diberikan solusi terbaik untuk Anda semua, yaitu bagaimana cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Anda bisa mempraktikkan salah satu atau beberapa dari cara di bawah ini.

  1. Menggunakan Biji Asam Kawak

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Biji asam kawak memang cukup sulit untuk dicari. Namun, tidak ada salahnya juga jika Anda berusaha untuk mencarinya. Lalu, bagaimana cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan biji asam kawak?

Pertama, seduh biji asam kawak dengan air hangat. Nah, larutan ini bisa Anda gunakan sebagai pasta gigi. Scrub biji asam kawak ini bisa membersihkan karang  gigi Anda dan gigi Anda bisa terlihat fresh atau putih kembali.

  1. Menggunakan Cengkeh

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Meskipun penggunaan cengkeh sebenarnya lebih untuk mengobati sakit gigi, namun cengkeh ternyata juga memiliki manfaat lain untuk gigi Anda, yaitu bisa membersihkan karang gigi. Caranya sederhana, sediakan cengkeh sekitar 7 butir, kemudian tumbuk cengkeh tersebut.

Setelah itu, gunakan hasil tumbukan cengkeh tersebut sebagai scrub. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berkumur dengan air cengkeh untuk menghilangkan bau mulut.

  1. Mengoleskan dengan Lidah Buaya

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Lidah buaya sebenarnya juga sudah banyak dicoba oleh banyak orang sebagai salah salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Lidah buaya termasuk pilihan alami yang tidak memiliki efek samping.

Penggunaannya juga sederhana, Anda tinggal mengoleskan gel lidah buaya pada karang gigi Anda secara perlahan. Lakukan cara ini ketika menjelang tidur, atau setelah gosok gigi.

  1. Mengunyah Biji Wijen

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Mungkin masih banyak diantara Anda yang belum tau mengenai biji wijen bisa menghilangkan karang gigi, bukan? Tapi inilah faktanya.

Cukup banyak studi kasus yang membahas ini dan sudah cukup banyak orang yang mencoba dan berhasil membuktikan keampuhan biji wijen ini. Penggunannya cukup sederhana, Anda sediakan biji wijen setengah sendok teh, kemudia kunyah biji wijen tersebut sampai halus.

  1. Mengkonsumsi Buah Apel

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Ternyata, mengkonsumsi buah Apel merupakan salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Selain memiliki rasa yang lezat dan bisa menyehatkan tubuh, Apel juga mengandung beragam vitamin yang bisa membantu membersih karang gigi Anda.

Hanya dengan mengunyah Apel, itu sudah cukup membantu mengurangi karang gigi Anda, karena di saat Anda mengunyah Apel, di sanalah terkandung zat yang baik.

  1. Menggunakan Kulit Jeruk

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Mungkin Anda sering membuang kulit jeruk, kan? Nah, jangan melakukannya lagi, karena kulit jeruk cukup ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Caranya? Pertama, bersihkan gigi terlebih dahulu dengan menyikat gigi. Setelah itu, ambil potongan kulit jeruk.

Lalu, tempelkan kulit jeruk tersebut ke bagian dalam gigi yang berkarang, gosok secara perlahan. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Buah Tomat

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Selanjutnya, cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras yaitu dengan menggunakan buah tomat. Buah yang satu ini banyak cukup mengandung vitamin C. Oleh karena itu, buah ini bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi.

Caranya sangat mudah, hanya dengan mengiris tomat secara tipis, kemudian oleskan irisan tersebut pada karang gigi Anda. Biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, berkumur dengan air bersih.

  1. Menggunakan Campuran Baking Soda dan Garam

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Selain digunakan untuk mengembangkan roti agar menjadi lebih empuk dan juga bermanfaat untuk memutihkan gigi, ternyata baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras apabila dipadukan dengan garam.

Cara penggunaannya cukup sederhana, Anda tinggal mencelupkan sikat gigi ke dalam campuran baking soda dan garam. Lalu, gosok pada gigi yang berkarang, dan berkumur setelahnya.

  1. Mengonsumsi Keju

cara-menghilangkan-karang-gigi
pixabay.com

Jika Anda melihat orang Belanda, maka pastilah mereka memiliki gigi yang bersih dan sehat. Hal itu dikarenakan kebiasaan mereka yang suka mengkonsumsi keju. Benar, keju memang terbukti mampu menjaga kesehatan gigi.

Tidak hanya itu, keju juga menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda membiasakan untuk mengkonsumsi keju secara rutin.

  1. Meminum Teh Hitam

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Teh hitam memang sudah dikenal secara turun temurun sebagai minuman tradisional. Tidak hanya segar ketika diminum, teh hitam juga punya banyak manfaat lain, salah satunya untuk kesehatan gigi. Hal ini dikarenakan teh hitam mengandung antioksidan dan senyawa antibiotik serta analgetik.

Dengan begitu, bagi Anda yang memiliki masalah dengan karang gigi, maka tidak ada salahnya Anda mencoba teh hitam sebagai alternatif pengobatan.

  1. Mengonsumsi Makanan Pedas

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Mungkin Anda masih bingung, mengapa mengkonsumsi makanan pedas bisa menghilangkann karang gigi, bukan? Begini, makanan pedas mampu menghasilkan sekresi air liur yang kemudian akan merangsang kelenjar ludah.

Selama Anda memakan makanan pedas, maka produksi air liur akan semakin bertambah, dan hal ini dapat membantu membersihkan gusi Anda. Di saat itu pula, air liur bekerja menghilangkan karang gigi.

  1. Menyikat Gigi dengan Benar

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Banyak orang yang masih menyepelekan persoalan ini. Ada yang menggosok gigi hanya sekadar agar mulut tidak bau. Padahal, menyikat gigi dengan cara yang benar akan membantu membersihkan karang gigi, karena pada dasarnya, karang gigi berasal dari sisa makanan yang mengendap di gigi.

Nah, jika Anda menyikat gigi dengan tidak benar (asal-asalan), maka sulit untuk membersihkan karang gigi ataupun sisa makanan tersebut.

  1. Rutin Minum Air Putih

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Rutin minum air putih merupakan salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Air putih terkenal memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh, mulai dari mencegah dehirasi, melancarkan pencernaan, meningkatkan konsentrasi dan kerja otak. Ternyata tidak hanya itu manfaat minum air putih, meminum air putih juga mampu membersihkan karang gigi dan mencegahnya.

  1. Menyikat Gigi dengan Siwak

cara menghilangkan karang gigi
pixabay.com

Terakhir, alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan menyikat gigi dengan siwak. Siwak merupakan ranting tanaman miswak yang terdapat pada zaman nabi dan biasanya digunakan untuk membersihkan gigi.

Ternyata, siwak ini memiliki kandungan zat yang sangat penting untuk membersihkan karang gigi, seperti mengandung kalium, natrium, kalsium, dan sodium bikarbonat.


Inilah informasi mengenai cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Jika karang gigi Anda ingin lekas terobati, maka bersegeralah untuk mengobatinya. Anda bisa menggunakan salah satu atau beberapa cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

Tidak ada lagi alasan sibuk, atau sejenisnya. Ingat, selalu ada waktu untuk hal yang diprioritaskan. Nah, jika ini adalah salah satu prioritas Anda, maka pasti selalu ada waktu untuk itu.

Nah jika kamu sedang mengalami masalah dengan ketombe, slakan baca artikel kami tentang cara menghilangkan ketombe sebelumnya.

One Reply to “Jangan Khawatir, Inilah 14 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.