Cara Membuat Pondasi Rumah Sederhana yang Kuat

Cara Membuat Pondasi Rumah – Kali ini kita akan belajar tentang cara membuat pondasi rumah dengan baik dan benar. Tujuan pembuatan artikel ini adalah untuk membantu Anda membuat pondasi rumah agar meminimalisir terjadinya kesalahan yang menyebabkan kerugian dan kelemahan di pondasi rumah Anda.

Terdapat berbagai macam cara yang dapat kita lakukan dalam membuat pondasi ini. Tapi disini saya tidak akan dibahas semuanya. Berikut sekilas mengenai berbagai macam cara membuat pondasi rumah.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Cara Membuat Pondasi Rumah

Cara Membuat Pondasi Rumah Sederhana yang Kuat 1
designercivil.blogpot.com

Pada umumnya ada dua jenis pondasi yang dapat Anda gunakan sebagai penopang bangunan Anda yaitu: pondasi dalam dan pondasi dangkal. Adapun pengertian keduanya adalah sebagai berikut :

1. Pondasi Dalam

Jenis pondasi dalam biasa digunakan untuk jenis-jenis rumah mewah yang memiliki model kontruksi bangunan bertingkat. Pondasi dalam ini juga memiliki berbagai macam jenis diantaranya pondasi pondasi tiang pancang, sumur dan jenis pondasi lainnya.

2. Pondasi Dangkal

Pondasi dangkal merupakan jenis pondasi yang cocok dan biasa digunakan digunakan sebagai penopang bangunan bersifat sederhana. Tentu saja hal ini harus dipengaruhi kondisi tekstur tanah yang padat dan keras.

Mengapa demikian? Karena tanah tersebut dapat menahan beban yang berat dari pondasi yang dangkal tersebut.

Lalu, apa bahan material yang cocok untuk jenis pondasi dangkal ini? Anda bisa menggunakan material pondasi dangkal ini seperti batu bata batu kali ataupun batako yang keras, selain itu bisa juga pondasi pelat setempat dan pondasi jalur (beton).

Cara Membuat Pondasi Dangkal

Cara Membuat Pondasi Rumah Sederhana yang Kuat 2
alialiakek100.blogpot.com

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat pondasi rumah yang benar dengan pondasi dangkal adalah sebagai berikut :

1. Menentukan ukuran dan denah rumah yang akan Anda bangun.

Hal ini adalah langkah pertama yang menjadi patokan dasar dalam membuat sebuah rumah. Selain itu gambarlah Sketsa dasar yang menampakkan bangunan rumah Anda dari atas agar memudahkan dalam membuat rumah nantinya.

2. Membuat bowplank

Hal ini bertujuan untuk patokan dalam pengerjaan pondasi tersebut. Menentukan titik tengah kolom serta posisi dinding dan dari bowplank ini juga kita dapat membuat dinding sikut dengan sudut 90 derajat.

Bowpank merupakan acuan yang harus dibuat sesuai dengan denah rumah sehingga Anda harus benar-benar membuat titik kolomnya

3. Menggali Pondasi

Kedalaman yang dibutuhkan untuk membuat pondasi rumah sederhana kurang lebih 40 sampai 50 cm.
Kedalam ini juga dipengaruhi oleh tekstur tanah di daerah yang ingin Anda bangun tersebut.

Jika tanah tersebut memiliki tekstur yang keras maka ukuran yang tadi disebutkan cukup memadai, jika struktur tanah sebaliknya remah/lembut? maka penggaliannya harus dilakukan lebih dalam dan ditambah dengan terucut pada sepanjang garis pondasinya.

4. Memasang pondasi

Setelah anda selesai menggali lubang tadi. sekarang waktunya anda memasang jenis pondasi yang dipilih.
Sebagai contoh saya akan ambil menggunakan batu kali atau batu bata merah. Penggunaan jenis bahan baku ini tentunya harus disesuaikan dari kontruksi tanah di daerah Anda juga.

– Selanjutnya pemasangan batu bata untuk pondasi sesuai dengan titik bowpank yang tadi telah dibuat. Umumnya memiliki ukuran kedalaman sampai 4 lapis bata merah.

– Tehnik pemasangan batu bata ini pun harus dilakukan dengan cermat. Pondasi yang berbentuk segitiga dengan lapisan paling bawah melebar, sedangkan yang ke atas pasangan satu batu bata yang memiliki ukuran sekitar 20 cm.

– Setelah selesai, selanjutnya kita lanjutkan dengan memasang besi yang telah dianyam dengan kawat ikat. Masing-masing dari ujung besi tersebut dibengkokan atau dihak dan semuanya dikaitkan dengan besi pondasi pelat setempat atau yang bisa disebut tiang kolom.

– Selanjutnya apabila memasang begisting untuk sloof menggunakan jenis papan yang berukuran kurang lebih 400 cm x 20 cm x 2 cm. Pemasangan ini harus dilakukan dengan rapi dan kuat hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan atau jebol ketika proses pengecoran.


Mungkin sudah ada sedikit gambaran setelah Anda membaca artikel tentang cara membuat pondasi rumah ini. Namun, Anda perlu juga belajar dengan ahlinya karena terkadang pembangunan pondasi rumah ini memerlukan waktu yang banyak agar didapatkan hasil pondasi rumah yang benar sesuai dengan kontruksi tanah.

Jika Anda memerlukan beberapa informasi penting mengenai baja, silakan berkunjung ke Baja Ringan Indonesia untuk mendapatkan artikel terkait seputar baja.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.