Teknik Dasar Cara Membuat Paper Quilling yang Wajib Diketahui Untuk Pemula

Teknik Dasar Cara Membuat Paper Quilling yang Wajib Diketahui Untuk Pemula

Cara Membuat Paper Quilling – Paper quilling merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan kreativitas seseorang dalam menggulung kertas dengan memperhatikan nilai-nilai estetika sehingga menghasilkan karya seni yang indah dan menawan. Secara singkat, paper quilling bisa disebut sebagai seni menggulung kertas.

Hampir sama dengan origami dimana sebuah kertas dilipat sedemikian rupa hingga menjadi bermacam-macam bentuk. Bentuk yang dihasilkan dari paper quilling pun juga bervariasi, mulai dari alfabet, bunga, hewan, karakter 3D, dan lain-lain. Di Indonesia sendiri seni ini mulai populer meskipun belum tersebar secara luas.

Mengenai sejarah, sejak abad ke-17 seni menggulung kertas ini sudah dikenal di negara-negara Eropa dengan nama paper filigree atau roll work. Pada masa itu, Perancis dan Italia menggunakan seni tersebut untuk menghiasi ornamen-ornamen keagamaan yang dilakukan oleh para biarawan.

Sementara di Inggris, seni ini juga dikenal sejak zaman Victorian, yaitu pada masa Raja George III. Pada saat itu dikatakan bahwa putri raja sangat menyukai kesenian ini sehingga ia kemudian terkenal karena roll work-nya.

Putri tersebut sangat gemar memberikan hadiah kepada teman-temannya berupa benda-benda yang sebelumnya sudah dihiasi dengan paper filigree. Hadiah yang paling terkenal yang pernah ia berikan yakni berupa kotak perhiasan.

cara membuat paper quilling
betjoli.wordpress.com

Dari benua Eropa, kesenian ini kemudian berkembang pesat hingga ke benua Amerika. Penggunaannya pada saat itu sudah tak dibatasi hanya pada ornamen religius, tetapi sudah mulai digunakan untuk menghiasi berbagai macam benda, misalnya perabotan, baki, kotak perhiasan, dan tatakan gelas.

Pada pertengahan abad ke-20, kesenian ini kemudian dikenal luas oleh masyarakat dengan nama paper quilling. Para pecinta seni dan kerajinan tangan kemudian mencoba mengembangkannya hingga tercipta desain baru yang indah dan digunakan untuk hiasan pada kartu serta pigura.

Contoh Paper Quilling

Penasaran bagaimana bentuk paper quilling hasil dari para seniman yang sudah mahir? Berikut ini gambar-gambar pilihan yang bisa membuat tangan kamu gatal ingin menggulung-gulung kertas secepatnya. Bentuknya bisa berupa makhluk hidup, tipografi, tokoh kartun, dan lain sebagainya.

Paper Quilling Huruf/Tipografi

cara membuat paper quilling
www.designindaba.com
cara membuat paper quilling
ayaniart.blogspot.com

Paper Quilling Hewan

cara membuat paper quilling
homesthetics.net
cara membuat paper quilling
www.pinterest.com
cara membuat paper quilling
discoverquilling.com

Paper Quilling Tokoh Kartun

cara membuat paper quilling
www.pinterest.com
cara membuat paper quilling
daniel-bevis.tumblr.com

Masih banyak desain paper quilling yang lebih keren dari gambar di atas. Namun, sebelum membuat bentuk seperti di atas, ada baiknya kita mengenal pondasi atau dasar dalam pembuatan paper quilling. Mulai dari mengenal peralatannya, teknik-teknik menggulung, serta bentuk-bentuk gulungan dasar.

Peralatan untuk Membuat Paper Quilling

www.artistsupplysource.com
www.artistsupplysource.com

Untuk pemula, peralatan dasar yang perlu disiapkan hanya ada empat buah, yakni: kertas khusus, jarum quilling, papan quilling, dan lem kertas. Namun, bagi mereka yang sudah lama atau mulai mendalami paper quilling peralatan tambahan

1. Quilling Paper

cara membuat paper quilling
www.youtube.com

Kertas khusus untuk ini berukuran kecil dan memanjang serta memiliki warna yang bermacam-macam. Lebarnya bervariasi mulai dari 3mm, 5mm, 6mm, hingga 1 cm. Sementara panjang biasanya seukuran dengan kertas A4.
Kertas siap pakai yang telah dipotong-potong kecil seperti gambar di atas, harganya agak sedikit lebih mahal.

Harganya bervariasi sesuai dengan kombinasi warna serta ketebalannya, yaitu berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Namun jika mau lebih hemat, kita bisa menggunakan kertas HVS A4 warna atau SPECTRA. Lalu, kita potong secara manual menggunakan penggaris dan cutter.

Kertas yang digunakan untuk paper quilling sebenarnya hampir sama dengan kertas untuk papercraft, hanya saja kertas paper quilling berbentuk panjang dan tidak lebar.

2. Quilling Pen

cara membuat paper quilling
www.pinoyexchange.com

Alat yang paling penting dalam membuat paper quilling, karena dengan menggunakan alat kecil inilah kita dapat menggulung-gulung kertas kecil dengan mudah. Bentuk dari jarum quilling bervariasi dan disesuaikan saja dengan kebutuhan.

cara membuat paper quilling
quillingummuzaky.blogspot.com

Jarum quilling sendiri merupakan sebuah jarum yang terdapat celah kecil pada ujungnya. Celah kecil tersebut kemudian digunakan untuk mengapit kertas quilling yang akan digulung. Alat ini tergolong murah dengan harga berkisar puluhan ribu rupiah saja.

3. Quilling Board

cara membuat paper quilling
www.youtube.com

Alat berbentuk papan ini memiliki lubang-lubang dengan diameter yang berbeda-beda. Tujuan dipakainya alat ini ketika membuat paper quilling ialah agar bentuk lingkaran yang kita buat kongruen atau berbentuk lingkaran sempurna.

Akan tetapi, bagi yang masih pemula alat ini belum terlalu dibutuhkan. Namun jika berkeinginan untuk mendalami paper quilling lebih dalam, kita bisa membelinya dengan harga sekitar 50ribuan per buah. Bagi yang masih pemula, kita bisa gunakan penggaris lingkaran yang biasanya umum dijual di toko alat tulis.

4. Lem Kertas

cara membuat paper quilling
www.craftsy.com

Dalam pemilihan lem kertas, kita bebas memilih merk apapun. Tetapi, untuk mempermudah pembuatan paper quilling paling tidak kita perlu memperhatikan hal-hal berikut, yakni:

  1. Pilihlah lem kertas yang ujungnya berbentuk runcing karena bahan yang kita gunakan memiliki ukuran milimeter, sehingga ujung lem yang besar akan menyulitkan kita nantinya.
  2. Pilihlah lem yang transparan ketika kering, karena akan berpengaruh pada kerapihan hasil paper quilling kita nantinya.

Sebagai tambahan, alat-alat seperti paper shredder (penghancur kertas), quilling comb (sisir), dan fringing scissors (gunting bermata 4-5) hanya sebagai tambahan jika kamu ingin lebih mendalami tentang paper quilling.

Pada dasarnya, alat-alat tersebut hanya untuk mempermudah kita dalam pengerjaan tetapi mengenai keindahan dari hasil akhirnya sangat bergantung dari ketelatenan dan kreativitas kita. Alat-alat tersebut yaitu

Teknik Dasar Cara Membuat Paper Quilling

Sebenarnya ada dua teknik dasar dalam menggulung kertas pada paper quilling, yaitu: teknik gulung padat dan teknik gulungan longgar. Untuk melatih melakukan teknik ini cukup ambil sebuah kertas dan quilling pen saja.

1. Teknik Gulungan Padat

cara membuat paper quilling
simplequilling.blogspot.co.id
  1. Siapkan sebuah kertas dan selipkan di ujung quilling pen.
  2. Mulai menggulung di salah satu ujung kertas quilling.
  3. Teruskan menggulung hingga ujung kertas dengan menahannya agar tetap padat.
  4. Langsung beri lem dan rekatkan ujung kertas, dan terciptalah gulungan yang padat

2. Teknik Gulungan Longgar

cara membuat paper quilling
simplequilling.blogspot.co.id
  1. Siapkan sebuah kertas dan selipkan di ujung quilling pen.
  2. Mulai menggulung di salah satu ujung kertas quilling.
  3. Teruskan menggulung hingga ujung kertas. Kali ini kertas jangan ditahan, lepaskan saja dan biarkan gulungan melonggar dengan sendirinya.
  4. Beri lem dan rekatkan ujung kertas yang telah melonggar tadi, dan terciptalah gulungan longgar.

Dari dua teknik tersebut kita bisa mengembangkan beberapa bentuk gulungan dasar, seperti yang terlihat berikut. Cobalah memulai latihan awal dari membuat bentuk-bentuk dasar di bawah ini terlebih dahulu.

cara membuat paper quilling
ginacha.blogspot.com

Demikian pemaparan mengenai cara membuat paper quilling. Setelah teknik dasar yang telah kita bahas tadi sudah dikuasai, maka selanjutnya kita perlu melatih keterampilan serta mengeluarkan daya kreativitas kita agar menciptakan desain paper quilling yang keren.

Pada awalnya mungkin kita hanya bisa membuat sesuatu yang sederhana, tapi setelah jam terbang yang lama maka bentuk-bentuk yang lebih sulit akan bisa kita buat. Practice makes perfect!

Paper quilling bisa menjadi peluang bisnis jika kita mampu sedikit berkreasi dan memasarkan hasil kerja kita kepada teman atau orang lain, sama halnya dengan kerajinan tangan tas dari tali kur.

Terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.