Cara Membersihkan Plafon Mobil Tanpa Pergi ke Dealer atau Bengkel

CARA MEMBERSIHKAN PLAFON MOBIL – Plafon merupakan bagian mobil yang jarang diperhatikan, terkecuali bagi penumpang yang tiduran atau pengemudi yang sengaja mendongak. Padahal, cara membersihkan plafon mobil sangat penting untuk diketahu karena turut mempengaruhi keindahan interior mobil.

Plafon termasuk sensitif sehingga perlu kehati-hatian saat membersihkannya agar tidak sobek, elastisitas yang menurun, atau rusak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda terapkan cara berikut agar pembersihan plafon tidak sampai harus pergi ke dealer atau bengkel.

Cara Membersihkan Plafon Mobil dengan Sikat Lembut

Salah satu faktor utama penyebab kotornya plafon mobil adalah memarkir kendaraan di tempat panas. Begitupula jika memiliki anggota keluarga yang merokok yang bisa menyebabkan plafon kusam dan cepat rusak.

Cara membersihkan plafon yang paling mudah adalah dengan kemoceng dan sikat lembut. Tambahan lagi, cara ini juga sesuai untuk diterapkan pada noda ringan seperti debu atau kotoran yang belum menempel kuat pada plafon.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda membersihkan plafon mobil dengan cara ini jika tidak ingin menggunakan air atau cairan pembersih. Cara membersihkan plafon mobil kali ini yaitu dengan menyikat dengan arah yang sama (tidak bolak-balik).

Lakukan proses penyikatan ini berulang kali, tapi jangan terlalu keras atau ditekan. Dengan begitu, proses pembersihan ini tidak akan meninggalkan bekas sikatan dan serat dalam plafon dan tidak cepat rusak.

Karena, kalau sudah rusak, tentu tidak ada acara lain selain membawanya ke dealer atau bengkel untuk mendapat perawatan terbaik dari para tenaga ahli yang sudah profesional di bidang interior mobil, khususnya plafon.

Berbeda dengan sikat berbulu lembut, membersihkan plafon dengan air dan detergent justru bisa menimbulkan noda baru. Khususnya bagi pemilik mobil baru yang belum paham tentang cara membersihkan plafon mobil yang benar Bisa jadi, nodanya justru semakin menyebar.

Cara Membersihkan Plafon Mobil dengan Kain Lap Microfiber

Cara berikutnya yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan plafon mobil adalah dengan kain lap microfiber yang telah dibasahi air. Penggunaan kain lap microfiber ini mampu mencegah kerusakan pada serat plafon.

Selain kain lapnya, cara Anda membersihkan plafon menggunakan kain ini juga penting untuk Anda ketahui. Usapkan kain microfiber pada plafon mobil dengan gerakan satu arah dan tekanan rendah.

Jika ada noda membandel, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus plafon. Tuang cairan pembersih tersebut pada kain, bukan dengan menyemprotkan secara langsung pada plafonnya. Lalu, ratakan ke seluruh permukaan plafon.

Sebelumnya, pastikan kain lap yang Anda gunakan sudah diperas dengan kuat sehingga tidak ada air yang menetes. Karena, plafon mobil sensitif terhadap suhu lembap yang jika dibiarkan, maka akan menjadi tempat tinggal nyaman bagi jamur

Selain itu, kelembapan bisa menjadi pemicu timbulnya bau tidak sedap di dalam mobil. Hal ini tentu membuat Anda tidak nyaman mengendarainya. Nah, Anda bisa mengeringkan plafon ini menggunakan lap kering yang juga berbahan lembut.

Cara Membersihkan Plafon Mobil dengan Vacuum Cleaner

Cara mudah lainnya untuk membersihkan plafon mobil adalah dengan vacuum cleaner atau pengisap debu. Tapi, cara ini sebenarnya cukup riskan karena bisa membuat menurunkan elastisitas bagian luar plafon.

Begitupula dengan serat di bagian dalamnya yang sangat mudah rusak jika terkena tekanan atau tarikan dari luar. Oleh karena itu, pastikan untuk menyetel vacuum cleaner (penyedot debu) Anda pada daya isap terendah.

Cara lainnya agar pembersihan plafon dengan alat ini tidak merusak serat atau membuat kendur adalah dengan menjaga jarak penyedot debu tersebut dengan plafon. Daya isap rendah sudah cukup memadai untuk membersihkan plafon mobil.

Anda hanya perlu rutin membersihkannya setiap pekan atau setelah menggunakannya untuk perjalanan jauh. Karena, kotoran dan debu yang terakumulasi bisa berubah menjadi noda membandel dan menempel kuat akibat jarang dibersihkan.

Kemudian, cara lainnya dalam membersihkan plafon tergantung pada bahannya. Jika berbahan fabric (kulit hewan), sebaiknya gunakan cairan khusus bahan fabric dan kain microfiber. Anda cukup mengelap pelan cairan tersebut menggunakan kain tersebut.

Begitupula bahan beludru dan wol yang perlu ekstra kehati-hatian saat membersihkannya. Cara membersihkan plafon mobil yang benar adalah meminimalisir penggunaan air agar tidak membuat lembap plafon yang merupakan tempat nyaman untuk jamur berkembangbiak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.