Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Peralatan Sendiri di Rumah

CARA MEMBERSIHKAN MESIN MOBIL – Mobil berkualitas bukan hanya dilihat dari tampilan eksterior dan interior, tapi mesin juga. Bahkan, performa mesin yang seharusnya paling diutamakan. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara membersihkan mesin mobil yang benar.

Nah, jika tampilan eksterior dan interiornya bagus tapi mesinnya bermasalah dan sering mogok, tentu saja jadi tidak nyaman dikendarai. Selain itu, jika mesin mobil Anda dibiarkan kotor dan berdebu, maka beberapa bagian dalam mesin bisa berkurang kinerjanya.

Jadi, membersihkan mesin mobil tidak bisa sembarangan seperti membersihkan perabot rumah dengan kemonceng. Banyak cara yang bisa Anda terapkan saat ingin membersihkannya sendiri di rumah. Simak cara-cara berikut ini.

Cara Membersihkan Mesin Mobil Mobil Menggunakan Sprayer

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memanaskan mobil. Hal ini sangat diperlukan agar setiap kotoran maupun kerak membandel lebih mudah terlepas saat proses pembersihan nanti.

Khususnya kotoran berupa debu yang menumpuk akibat terkena tetesan oli atau penyebab lainnya. Proses pemanasan mobil ini tidak butuh waktu lama, cukup 15 menit saja. Setelah suhu dalam mobil menghangat, Anda bisa mulai membersihkan mesin mobil.

Sebelumnya, siapkan kain lap bersih dan sprayer (botol semprot) berisi engine clean. Penggunaan cairan pembersih ini efektif membersihkan kotoran membandel yang menempel di mesin mobil.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan engine dressing untuk mengembalikan warna asli komponen mesin mobil sehingga tampak seperti baru. Jadi, Anda tidak perlu pergi ke bengkel atau salon mobil untuk membuat mesin mobil Anda tampak baru.

Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Mencucinya

Untuk mencuci mobil, gunakan spons atau kuas kecil, lalu bilas dengan air. Jika Anda mendapati bagian tertentu yang sulit untuk dibersihkan, gunakan engine clean atau minyak tanah. Asalkan jangan solar yang sangat mudah terbakar.

Kemudian, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan kain lap kering jika proses pencucian sudah selesai. Sebelum mencucinya, sama seperti menggunakan sprayer, Anda perlu menutupi bagian paling rentan mengalami kerusakan jika terpapar oleh cairan pembersih.

Sebagian pembersih khusus mesin yang ditemukan di pasaran biasanya berupa zat cair sehingga mudah mengenai semua bagian mesin. Perhatikan agar air tidak mengenai bagian penting dalam mesin yang memang tidak boleh terkena air.

Misalnya, perangkat elektrik yang bisa Anda tutup atau lapisi terlebih dahulu dengan plastik atau aluminium foil agar terhindar dari cipratan air. Selain bisa menimbulkan karat, paparan air bisa mengakibatkan kinerja mesin mobil Anda menurun.

Cara Membersihkan Mesin Mobil Menggunakan Selang Air

Cara ini paling umum diterapkan saat mencuci bagian luar mobil, tapi tidak sedikit yang menerapkannya saat mencuci bagian dalam mobil, tidak terkecuali mesin. Tapi, selang yang digunakan biasanya berdiameter kecil dan air yang tidak terlalu deras.

Jika ingin mesin Anda bersih, cukup gunakan sedikit tenaga untuk membersihkan noda membandel. Anda juga perlu berhati-hati menggunakan cara ini karena ada beberapa bagian yang sulit dijangkau jika pembersihan hanya dilakukan dengan selang air saja.

Misalnya, AC dan radiator mesin. Oleh karena itu, untuk membersihkan kedua bagian ini, Anda harus membuka grill depan terlebih dahulu secara perlahan karena pengikatnya yang rawan patah. Untuk noda oli, diamkan setelah disemprot, baru kemudian dibersihkan.

Cara membersihkan mesin mobil lainnya yang penting untuk Anda ketahui yaitu mulai dengan menyemprotkan air ke bagian kap mobil kemudian ke ruang mesin. Sementara untuk ruang mesin, secara berurutan dari bagian belakang, lalu menuju bagian depan mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.