5 Cara Membersihkan Jok Mobil yang Benar Sesuai Bahan Dasarnya

CARA MEMBERSIHKAN JOK MOBIL – Di antara interior mobil lainnya, jok memiliki peran krusial. Selama perjalanan, Anda menggunakannya untuk duduk. Oleh karena itu, cara membersihkan jok mobil yang benar sesuai bahannya seperti kain, kulit, beludru, vinil, dan tenun sangat penting Anda ketahui.

Jok mobil yang jarang dibersihkan bisa membuat kotoran dan debu sulit dibersihkan Jika dibiarkan, maka bisa menjadi sarang kuman dan kondisi ini akan mempengaruhi konsentrasi menyetir Anda. Nah, untuk membersihkannya, simak cara-cara berikut.

1. Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Spons

Cara pertama agar jok mobil Anda senantiasa tampak baru dan nyaman diduduki adalah dengan spons. Bahan ini sangat sesuai untuk jok mobil berbahan dasar kain. Cukup gunakan detergent cair yang biasa Anda gunakan untuk mencuci baju.

Tapi, cara membersihkan jok mobil ini tentu berbeda dengan mencuci baju. Untuk langkah awal, bersihkan jok dari debu menggunakan kemonceng atau vacuum cleaner (penyedot debu portable). Lalu, siapkan wadah berisi air hangat yang sudah diberi detergent cair.

Selanjutnya, rendam spons dalam air sabun hangat tersebut, peras, lalu gosok-gosokkan pada seluruh bagian jok. Jika semua noda sudah hilang, bersihkan dengan handuk yang telah dibasahi air dingin. Kemudian, bersihkan lagi dengan handuk atau kain lembut kering.

2. Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Cairan Pembersih dan Kondisioner

Cara kedua sangat disarankan untuk diterapkan pada jok mobil berbahan dasar kulit. Mengingat sensitifnya bahan ini, maka perlu perawatan yang berbeda pula. Bahan yang umum digunakan untuk mencucinya adalah pembersih dan kondisioner khusus bahan kulit.

Sebelum membersihkannya, panaskan dulu mobil Anda. Kecuali jika Anda tinggal di daerah yang panas atau tinggal di daerah 4 musim dan sedang memasuki musim panas, maka tidak perlu memanaskan mobil.

Jika suhu ruang mobil menghangat, oleskan cairan pembersih secara merata menggunakan kain lap lembut, lalu biarkan sebentar. Setelah suhu mendingin, gosok semua bagian jok dengan lap kain yang sama.

Setelah bersih, biarkan mengering lalu beri kondisioner. Gunakan kondisioner berbahan dasar air dengan pH normal, bukan berbahan minyak. Cara ini efektif untuk menjaga tampilan jok mobil Anda sehingga selalu terlihat baru.

3. Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Sikat Halus

Cara ketiga ini bisa Anda terapkan pada jok mobil berbahan dasar beludru. Jika dua bahan sebelumnya bisa langsung dicuci di mobilnya, maka untuk bahan beludru ini sebaiknya dilepas dulu, lalu dikeluarkan.

Kemudian, semprot dengan cairan pembersih pada bagian yang terkena noda atau bagian yang paling kusam karena debu. Jika sudah selesai, sikat secara searah menggunakan sikat lembut dan bersihkan dengan lap kering.

Selanjutnya, jemur di bawah sinar matahari agar cepat kering. Jika tidak ada noda yang mencolok, Anda bisa membersihkannya dengan penyedot debu sehingga tidak perlu melepas jok dari mobilnya.

4. Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Cairan Pembersih Kaca

Cara keempat ini sesuai untuk jok mobil berbahan dasar vinil. Semprot semua bagian jok dengan botol semprot berisi cairan pembersih kaca, khususnya yang terkena noda. Kemudian, lap dengan kain microfiber. Usahakan agar cairan pembersih tidak mengenai lantai mobil.

Untuk noda membandel pada jok vinil ini, Anda juga bisa menggunakan pasta soda yang merupakan campuran antara baking soda dengan air. Oles dan gosokkan pasta soda ini pada jok, bilas dengan detergent, lalu dengan air.

Selanjutnya, usap dengan lap kering. Untuk bagian yang sulit dijangkau, Anda bisa gunakan sikat berbulu lembut. Alat ini tidak akan merusak jok berbahan vinil di mobil Anda. Khususnya jika dilakukan dengan kehati-hatian dan tekanan rendah.

5. Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Cairan Cuci Piring atau Pembersih Bulu

Cara terakhir ini sesuai untuk jok berbahan dasar tenun. Selain bahan pembersihnya yang mudah didapat di dapur, cara membersihkannya juga cukup mudah. Masukkan cairan cuci piring yang telah dicampur air ke dalam botol semprot.

Lalu, Anda bisa langsung menyemprotkannya pada semua bagian jok dengan jarak ± 15 cm. Setelah itu, gosok dengan sikat lembut lalu bersihkan dengan kain lap yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Kemudian untuk mengeringkannya, gunakan kain microfiber. Untuk bahan vinil ini, Anda juga bisa menggunakan kertas lengket yang terdapat pada lint roller (pembersih bulu). Cara membersihkan jok mobil paling sulit adalah pada noda tinta dan tumpahan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.