3 Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Paling Mudah Dilakukan

CARA MEMBERSIHKAN DASHBOARD MOBILDashboard merupakan salah satu interior mobil yang turut mempengaruhi kenyamanan penumpang karena bagian inilah yang berhadapan langsung dengan penumpang. Cara membersihkan dashboard mobil tidak terlalu sulit untuk Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Tapi, Anda juga tidak boleh menganggap enteng hal ini. Karena, jika tidak dilaksanakan, maka warna dashboard bisa pudar, bahkan retak-retak. Kondisi ini tentu bisa mengurangi kenyamanan Anda. Nah, untuk membersihkannya, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan Kemoceng dan Kuas

Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Cara pertama ini paling mudah untuk dilakukan dan hampir semua orang memiliki alat ini untuk membersihkan rak rumah dari debu. Anda juga bisa menggunakan kemoceng untuk membersihkan dashboard.

Cara membersihkannya yaitu dengan menggerakkan kemoceng ‘masuk keluar’ agar debu yang menempel bisa hilang. Sebelum membersihkan debu pada dashboard dengan kemoceng, kosongkan terlebih dahulu semua benda yang ada di atasnya.

Kemudian, letakkan dalam kotak karton atau wadah plastik kering. Penggunaan kemoceng sudah dianggap cukup jika dashboard Anda hanya berdebu dan tidak terkena kotoran yang perlu dibersihkan dengan kain atau cairan pembersih.

Tapi, untuk bagian sudut, blower penyejuk, dan bagian lainnya yang sulit dijangkau dengan kemoceng, Anda bisa memanfaatkan kuas dengan bulu lembut untuk menyapu debunya. Cara membersihkannya seperti menggunakan kemoceng.

2. Menggunakan Cairan Pembersih

Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Cairan pembersih sangat penting untuk membuat dashboard Anda bebas dari kotoran. Karena, biasanya bukan hanya debu yang menempel pada dashboard, tapi noda makanan atau minuman.

Misalnya, Anda meletakkan botol air mineral dingin sehingga air embun yang tertinggal bisa membuat debu menempel kuat di dashboard Anda. Oleh karena itu, Anda perlu cairan khusus untuk membersihkannya.

Tapi, sebelum menggunakan kain lap yang sudah diberi pembersih, sangat disarankan untuk Anda membersihkan terlebih dahulu dashboard tersebut dengan kemoceng. Jadi, untuk peran yang lebih berat seperti noda yang sulit hilang bisa dibersihkan dengan cairan pembersih.

Kemudian, jika noda atau kotoran tersebut sangat sulit dihilangkan, hindari menekan keras dashboard karena bisa meninggalkan goresan. Cara terbaik adalah dengan membasahi sedikit kain lap dengan air atau langsung cairan pembersih, lalu gosok-gosok berulang kali.

Insya Allah, nodanya akan segera hilang. Jika sudah dianggap bersih, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan kain katun berbahan lembut atau microfiber seperti chamois. Cara ini ampuh menghilangkan sisa cairan pembersih yang bisa berubah menjadi flek.

3. Menggunakan Treatment Protection

Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Jika mobil Anda sering digunakan atau parkir di tempat terbuka, intensitas terpaparnya dashboard mobil Anda dengan matahari tentu sangat tinggi. Selain debu dan kotoran, suhu panas menjadi faktor pemicu retak-retak, memudar, dan kusamnya tampilan interior mobil.

Nah, jika dibiarkan, maka mobil Anda bisa terlihat lebih tua dari usianya. Untuk mengembalikan kilap dashboard mobil Anda, cara terbaik adalah menggunakan treatment protection atau cairan pelindung.

Selain terlindungi, dashboard akan terjaga kelembapannya. Bagian dashboard yang perlu dibersihkan dengan cairan pelindung ini adalah switch dan indicator seperti odometer, speedometer, amperemeter, serta panel lainnya.

Pastikan untuk benar-benar menggunakan cairan pelindung dan pembersih khusus mobil. Karena, jika menggunakan sabun cuci atau sampo untuk keramas, apalagi yang mengandung bahan detergen aktif, justru membuat dashboard mobil Anda menjadi kusam.

Selain kemoceng, untuk kotoran dan debu yang tergolong ringan, Anda bisa membersihkannya dengan penyedot debu portable. Khususnya penyedot debu yang memiliki bentuk mirip selang atau belalai kecil.

Alat ini sangat mudah untuk diarahkan ke sudut yang tidak bisa dijangkau oleh kemoceng atau sikat halus. Mengingat bahannya yang tidak selunak jok atau plafon, Anda bisa sedikit meninggikan daya isapnya agar semua debunya hilang.

Sangat penting bagi Anda untuk membersihkan dan memberi perhatian lebih pada dashboard mobil Anda dengan perawatan terbaik. Cara membersihkan dashboard mobil lainnya yang paling mudah dan bisa membuat mengilap yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.