Cara Membentuk Otot Dada Dengan Cepat Kurang dari 30 Hari

cara-membentuk-otot-dada
pixabay.com

CARA MEMBENTUK OTOT DADA – Dada yang kekar dan berotot tentu jadi impian banyak orang. Hal ini akan menimbulkan kesan jantan kalau yang punya laki-laki, dan jagoan kalau yang punya perempuan. Oleh karena itu, di antara cara membangun otot-otot dalam tubuh manusia, cuma ada dua jenis otot yang populer: cara membentuk otot dada, bisep, dan trisep.

Jika Anda membaca artikel ini pasti penasaran kan dengan cara membentuk otot dada kurang dari 30 hari? Mungkin Anda sekarang tak yakin dengan usaha yang selama ini Anda lakukan. Mungkin Anda sudah banyak melewatkan hari-hari ke gym tapi tak dapat apa-apa, cuma capek saja.

Cara membentuk otot dada sama halnya kita bicara soal kesabaran. Memang, banyak di luar sana yang menawarkan cara instan, tapi rupanya berisiko terhadap kesehatan. Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan otot dada yang ideal tanpa mengandung risiko terlalu dalam.

Tapi, sebelum kita melangkah jauh, kenali dulu alat yang akan kita gunakan. Alat ajaib ini bernama Bench Press. Istilah ini sebenarnya masih umum. Bench Press dibagi lagi menjadi beberapa jenis seperti Dumbbell Bench Press, Close-Grip Bench Press, Reverse-Grip Bench Press, Incline Barbell Bench Press, dan Dumbbell Overhead Triceps Press.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Semua alat itu sebenarnya memiliki konsep yang sama dan kita akan membahas secara umumnya saja. Jika Anda masuk ke ruang gym, ingat-ingat 5 alat penting di atas. Fokus pada 5 alat di atas saja. Cuma alat-alat itu yang akan membantu pertumbuhan otot dada agar tampak bidang.

Ada alasan kenapa desainer program pembentukan otot dada fokus pada bench press: “Alat ini adalah yang terbaik untuk meningkatkan otot anggota badan, juga sangat bagus untuk melatih otot dada, bahu, trisep, dan bahkan otot-otot kaki juga.” Meskipun bench press tampak sederhana, tapi akan membuat efek yang maksimal.

Apakah bench press harus dipakai bersama smith machine? Sangat tidak disarankan. Soalnya hasil penelitian menyebutkan kalau dipadukan dengan smith machine cuma bisa menambah kualitas otot dalam porsi kecil saja. Tapi tentu saja kalau Anda nekat, bisa kok pakai, hanya saja dengan cara-cara yang aman, ya.

Bagaimana cara membentuk otot dada pakai bench press dan benarkah bisa bekerja hanya dalam waktu kurang dari 30 hari? Tentu sangat bisa. Seperti yang sudah banyak disinggung di atas, Anda harus rutin menggunakan alat yang bernama Bench Press ini. Bagi pemula yang baru saja gabung, berikut cara menggunakan alat tersebut.

Berbaringlah dan Posisikan Mata pada Batangan

Berbaringlah yang nyaman. Tempatkan lengan pada posisi yang tepat untuk meminimalisir dampak buruk. Mata yang fokus pada batangan besi membuat Anda menjamin diri Anda sendiri dengan rasa aman. Dengan fokus pada titik tertentu, biasanya kekuatan dari dalam jiwa akan lebih muncul daripada pandangan tidak fokus.

Atur Posisi Dada dan Bahu

Selanjutnya Anda harus memperhatikan posisi dada dan bahu.  Posisi yang paling ideal adalah dada dinaikkan, sementara dalam waktu yang sama, bahu dilipat, lalu himpit bersama-sama.

Perhatikan Posisi Batangan Besi

Genggamlah batangan besi dengan penuh percaya diri. Oh, ya. Pastikan dulu posisi bar dengan permukaan dada itu rendah. Lebih dekat dengan pergelangan tangan daripada jari-jari Anda, lalu himpit sekuat yang Anda bisa. Naikkan dan turunkan secara teratur, dan jangan sampai bench press berada tepat di atas kepala Anda.

Sebisa mungkin posisi salah satu tangan tidak terlalu lebar. Posisikan di tengah-tengah. Itu lebih baik. Daripada nanti ada yang cedera, kan repot.

Minimalkan Bagian Tubuh Tertentu

Bagian tubuh yang aktivitasnya harus diminimalkan adalah bagian punggung dan juga kaki. Terutama di bawah lutut dan juga pada punggung yang berdekatan dengan bahu. Anda tak ingin tetap kurus meski sudah berulangkali berlatih dengan bench press, kan? Kalau Anda mengabaikan hal ini, justru push-up lebih baik daripada buang-buang waktu di gym.

Posisi Batangan ketika Mendarat

Sekarang saatnya masuk tahap membentukkan otot dada Anda. Otot dada Anda akan terbentuk pada waktu-waktu seperti ini. Pastikan posisi lengan sejajar atau horizontal ketika pendaratan sampai berada tepat di atas bahu.

Rutin Berlatih

Setting bench press setiap kali Anda ingin menggunakannya. Teknik terbaik dan paling efektif tentu saja ketika sudah menjadi kebiasaan. Mungkin bagi pemula hal ini akan terasa sulit. Tapi akan sangat mudah pada akhirnya.

Konsistensi latihan untuk menaikkan otot dada akan meminimalisir risiko kecelakaan. Beda dengan ketika Anda berlatih hari ini, lalu latihan lagi dua hari kemudian. Hasilnya tak akan maksimal.

Apakah hanya dengan berlatih dengan bench press di gym sudah cukup? Tentu saja belum. Selain Anda latihan fisik, jauh lebih baik juga imbangi dengan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat apabila dilakukan secara teratur otot dada Anda akan mudah terbentuk. Hasilnya sangat jauh daripada orang yang tidak memperhatikan hal ini. Bagaimana cara mengatur polanya?

Cara Membentuk Otot Dada dengan Mengatur Pola Hidup Sehat

Seperti penjelasan di atas, otot dada tidak akan semakin terpacu dengan penerapan pola hidup sehat. Langsung simak beberapa kuncinya di bawah ini.

  1. Atur Pola Makan

cara-membentuk-otot-dada
pixabay.com

Pola makan Anda juga harus diatur sedemikian rupa agar program pembentukan otot dada selama kurang dari 30 hari bukan hanya isapan jempol belaka. Perhatikan makanan dengan kandungan kalori. Cukupi tubuh Anda dengan makanan-makanan berkalori, tak perlu banyak-banyak, secukupnya saja.

Sangat direkomendasikan kalau datang waktunya sarapan, segeralah ambil bagian. Konsumsi makanan yang teratur akan membuat distribusi ke seluruh tubuh jadi optimal. Berapa kali sehari? Standar saja. 2-3 kali sehari, cukup.

  1. Hindari Makanan Tertentu

cara-membentuk-otot-dada
pixabay.com

Apa makanan yang seharusnya dihindari ketika dalam proses? Beberapa makanan ini mungkin akan jadi sumber penderitaan yang panjang buat Anda. Makanan ini antara lain fast food atau makanan cepat saji, snack atau makanan ringan, dan makanan olahan lainnya. Selain itu, makanan berminyak termasuk gorengan juga sebaiknya tidak dikonsumsi.

Kalau Anda saat ini masih menjadi pecinta 4 jenis makanan itu, tentu kesabaran Anda dituntut lebih banyak. Sebaliknya, konsumsi protein sebanyak-banyaknya. Protein dipercaya bisa meningkatkan bagian tubuh manapun. Beberapa di antaranya adalah daging merah, daging yang bebas lemak, dada ayam, putih telur, kacang-kacangan, ikan. Selain itu, sayuran berprotein tinggi juga sangat bagus untuk membantu pertumbuhan otot.

  1. Imbangi dengan Konsumsi Susu Whey Protein

 

cara-membentuk-otot-dada
l-men.com

Selanjutnya, maksimalkan usaha Anda dengan mengonsumsi susu whey protein. Dari sekian banyak susu yang membantu pembentukan otot, susu ini dipercaya sebagai susu yang paling manjur. Walaupun harga susu jenis ini terkesan mahal, Anda dijamin tidak akan dirugikan sedikitpun mengingat kemanjurannya dalam membantu pembentukan otot.

  1. Atur Waktu Tidur dengan Baik

cara-membentuk-otot-dada
pixabay.com

Membentuk otot dalam tubuh itu tidak instan. Anda tidak bisa menyepelekan masalah istirahat. Latihan dan pola makan sehat yang rutin pasti akan sia-sia kalau istirahat minim. Telah banyak penelitian menyebutkan bahwa tidur adalah waktu terbaik untuk membentuk otot tubuh. Tidak hanya itu, ketika jadwal tidur Anda cukup (7-9 jam), tubuh lebih responsif begitu latihan dimulai kembali.

Demikianlah beberapa cara membentuk otot dada kurang dari 30 hari. Terlihat sepele memang, tapi jika Anda rutin melakukannya, otot dada pun akan segera terbentuk dengan sempurna. Apakah sekarang masih terdengar mustahil? Tidak, kan? Semua ini sangat mungkin didapat kalau Anda mengikuti langkah-langkah di atas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.