Cara Mandiin Kucing di Rumah yang Benar untuk Pemula

CARA MANDIIN KUCING – Secara umum, kucing memiliki watak yang sama ketika dimandikan. Rata-rata kucing itu tidak suka air. Jadi, bagaimana cara mandiin kucing yang benar? Khususnya untuk pemula? Nah, di sinilah letak perbedaan yang paling krusial, yakni antara pemula dengan ahli.

Setiap ahli kucing pasti tahu cara memandikan tanpa merusak suasana hati si kucing. Dia tahu betul bagaimana cara membuat kucing tetap nyaman, kendatipun harus basah karena air. Berhubung Anda masih pemula, maka ikuti cara memandikan kucing seperti di bawah ini.

1. Persiapkan Alat-Alat Mandinya Dulu

Kucing juga hampir sama dengan manusia. Dia tidak akan nyaman ketika hanya diguyur air saja seperti ketika terkena air hujan. Maka, alat-alatnya juga harus lengkap biar si kucing nyaman. Inilah alat-alat yang wajib Anda persiapkan.

  • Sisir
  • Bedak untuk kucing
  • Handuk khusus untuk kucing
  • Ember yang sudah diisi dengan air hangat
  • Sampo untuk kucing
  • Cottonbuds
  • Blower atau hairdryer

2. Mulai Basahi Kucing secara Teratur

Ketika kucing belum mau mandi jangan dipaksa. Kucing sangat suka dengan agenda mandi ketika suhu tubuhnya meningkat. Biasanya pada musim kemarau. Tetapi Anda tidak harus menunggu musim kemarau tiba. Bisa juga dengan memanfaatkan waktu siang yang panas.Kemudian bawalah kucing ke kamar mandi. Sediakan ember berisi air hangat tadi. Lalu guyur badannya secara teratur. Jangan guyur tiba-tiba dalam jumlah besar. Nanti dia kaget dan meronta-ronta. Pastikan air guyuran itu tidak ada yang masuk ke telinga. Nanti fatal.

Perhatikan pula jumlah bulu si kucing. Umumnya kucing kampung itu berbulu pendek. Jadi cukup sedikit jumlah guyurannya. Berbeda dengan kucing anggora yang berbulu lebat. Cara mandiin kucing yang berbulu lebat harus bertahap sambil diberi sampo.

3. Cara Menggunakan Sampo

Setelah semuanya basah, barulah Anda menggunakan sampo. Ada teknik tersendiri antara memberi sampo untuk kucing berbulu tipis dan tebal. Keduanya tidak boleh sampai tertukar. Nanti kucing tidak nyaman.

Untuk kucing yang memiliki bulu sedikit, cukup ambil sampo sedikit pula. Pastikan sampo tersebut sudah berbusa di tangan Anda. Jangan berbusa ketika dipakaikan ke bulu kucing. Nanti hasilnya kurang efektif. Kemudian ratakan sampai ke pangkal bulu.

Untuk kucing berbulu tebal, lakukan penyiraman sambil memberi sampo secara teratur. Jadi bertahap, sampai benar-benar harus menyeluruh. Sama seperti sebelumnya. Pastikan sampo sudah berbusa dulu sebelum diberikan ke bulu si kucing.

4. Cara Membilas Bulu Kucing

Teknik membilasnya juga sangat sederhana. Kalau bisa jangan pakai gayung, nanti hasilnya kurang merata. Pakailah shower kecil atau yang guyurannya bisa menyebar ke segala arah. Cara-cara seperti ini akan membuat sampo yang melekat jadi ikut mengalir dan tuntas.

5. Cara Mengeringkan Usai Mandi

Setelah selesai mandi, handuki kucing Anda dengan kasih sayang. Setelah itu, keringkan dengan blower atau hairdryer. Tergantung mana yang disukai kucing Anda. Pastikan ketika mengeringkan bulunya, sambil disisir untuk menghemat waktu.

Setelah semuanya kering, barulah kucing diberi bedak. Biar wangi dan terhindar dari kutu yang selama ini sering menyerang bulu kucing. Jangan lupa pula membersihkan telinga kucing dengan cottonbuds biar tampil bersih.

Saat membersihkan telinga kucing jangan menyodok terlalu keras. Nanti bisa membuat kucing Anda tidak nyaman. Kalau sudah begitu, dia bisa-bisa merajuk dan tidak mau dibersihkan lagi telinganya. Padahal telinga kotor bisa menjadi sumber utama penyakit.

Itulah 5 cara mandiin kucing yang benar untuk pemula. Kalau Anda sudah terbiasa dan merasa sudah ahli, kembangkan teknik dengan memahami bahasa tubuhnya. Gunanya untuk mengetahui saat kucing ingin mandi dan tidak ingin mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.