Cara Budidaya Ulat Hongkong yang Mudah Bagi Pemula

Cara Budidaya Ulat Hongkong – Bagaimanapun, mealworm atau ulat hongkong sangat bermanfaat untuk burung kicauan dan beberapa hewan peliharaan lainnya. Pakan yang dihasilkan dari alam ini mengandung banyak protein dan kalori yang dibutuhkan burung.

Cara penyajiannyapun juga bervariasi, ada yang diberikan saat ulat masih berwarna putih, sedang ganti kulit, atau diberikan dalam keadaan ulat kering.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Cara Budidaya Ulat Hongkong

Cara Budidaya Ulat Hongkong yang Mudah Bagi Pemula 1
tekoneko.net

Adapun cara-cara budidaya ulat hongkong yang dapat kamu lakukan sendiri dirumah adalah sebagai berikut :

Pemilihan induk

Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah induk, kualitas induk ini yang sangat berpengaruh pada hasil budidaya kita nantinya.

Usahakan tidak lebih dari 2 kg, bertujuan agar ulat yang jadi kepompong ukurannya bisa besar-besar. Rata-rata panjang mencapai 15 mm dan lebar 4 mm .

Sedangkan ulat hongkong dewasa dengan ukuran panjang rata-rata 15 mm, serta diameter rata-rata 3 mm akan mulai menjadi kepompong sekitar 7 – 10 hari lagi secara bergantian.

Pengambilan kepompong

Dilakukan selama 3 hari sekali, agar kepompong yang sudah dipisah dan ditempatkan di dalam kotak tersendiri berkembang biak menjadi kumbang secara serentak.

Pemilihan kepompong

Dilakukan 3 hari sekali, dan kepompong yang dipilih haruslah yang sudah berwarna putih kecoklatan. Cara pengambilannya pun, harus hati-hati jangan sampai lecet atau cacat. Jika hal terjadi, maka kepompong bisa jadi akan mati dan busuk.

Kepompong yang sudah dipilih, ditaruh dalam kotak pemeliharan yang sudah diberi alas Koran sebelumnya. Selanjutnya, disebar sedemikian rupa. Jangan sampai bertumpuk, kemudian ditutup kembali memakai kertas koran hingga rapat.

Kepompong menjadi kumbang

Di usia mulai 10 hari kepompong akan menunjukkan tanda-tandanya akan menjadi kumbang jika sayap kumbang masih berwarna kecoklatan, jangan diambil dulu.

Biarkan sampai berwarna hitam mengkilat, dan kumbang siap untuk ditelurkan. Satu kotak, kita tebari kumbang sekitar 250 gr, dan berikan kapas sebagai alas untuk bertelur si kumbang.

Pembibitan ini dibiarkan sampai tujuh hari

Setelah tujuh hari kumbang yang sudah terpisah dari kapas, diberi kapas baru lagi dan begitu seterusnya. Tingkat kematian pada kumbang ini, bisa mencapai 2 s/d 4% sekali turun.

Kapas yang ada telurnya simpan dalam kotak terpisah

Telur akan mulai menetas setelah berumur 10 hari. Setelah usia ulat mencapai 30 hari baru bisa kita pisahkan dari kapasnya.

Pemberian Pakan

Cara Budidaya Ulat Hongkong yang Mudah Bagi Pemula 2
tekoneko.net

Pemberian Pakan untuk ulat bibit

A. Untuk satu kotak ulat bibit beri makanan sekitar 500 gr, dengan interval waktu empat hari sekali. Atau jika makanan sudah benar-benar bersih, dengan cara dikepal-kepal menjadi 3 bagian.

Gunanya agar kepompong yang ada, tidak tertimbun oleh makanan karena jika hal ini terjadi kepompong akan busuk.

B. Selain dedak dan ampas tahu, makanan untuk ulat bibit ini sebaiknya dicampur dengan tepung tulang atau pur, tujuannya supaya kepompong berukuran besar-besar.

Pemberian pakan untuk kumbang

Dalam pemberian pakan untuk kumbang jangan terlalu banyak serta caranya disebar merata sekitar 100 gr sekali makan /3 hari sekali.

Pemberian makan untuk ulat

Jika ulat masih ada dalam kapas, sebaiknya diberi pakan dengan sayuran capcay atau selada, cabut maksimal empat lembar sampai habis, dan sayuran tersebut dijemur dulu hingga setengah kering.

Apabila makanan biasa, takarannya 100 gr dan disebar tunggu sampai makanan itu habis, baru diberi lagi.

Jika ulat sudah terpisah dari kapas, pemberian pakan sekitar 1 kg, dengan cara dikepal serta sebagian disebar merata.

Sedangkan untuk ulat yang masih kecil, satu kotak sekitar 2 kg dengan ukuran ulat panjang 6 mm dan diameternya kurang lebih 1,5 mm (umur 30 – 60 hari).

Untuk ulat dewasa (umur 60 – 90 hari), pemberian pakan 1,5 kg – 2 kg per kotak, dengan cara dikepal dan disebar sedikit.


Demikianlah pembahasan mengenai cara budidaya ulat hongkong. Bagaimana mudah bukan dengan begini kamu bisa membudidayakan ulat kandang sendiri dirumah. Salam sukses.

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.