4 Alat Musik Harmonis Tradisional, Cara Memainkan, Asal Daerah, dan Contoh Gambarnya

ALAT MUSIK HARMONIS – Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan, di mana berfungsi sebagai media hiburan. Alat musik harmonis berperan penting dalam irama musik yang indah di mana terdapat paduan irama yang kompak. Untuk ciri khas sebuah irama, maka alat musik harmonis tradisional bisa menjadi solusinya.

[toc]

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Alat Musik Harmonis Tradisional

Apa sajakah alat musik tersebut? Simak saja pembahasan berikut ini.

  1. Rebab

alat musik harmonis
wacana.co

Sudahkah Anda familiar dengan alat musik rebab? Saat berkunjung ke bagian barat pulau Jawa, Anda akan menemukan rebab dalam jumlah yang lebih banyak. Alat musik tradisional ini memang berasal dari Jawa Barat dan sudah melegenda. Ketika rebab ini digesek, maka terdengarlah nada yang harmonis.

3 nada atau lebih yang dihasilkan dari rebab yang digesek tersebut mampu menyemarakkan musik dengan keselarasan. Irama akan terdengar lebih khas dengan adanya alat musik tradisional. Alat musik yang dikenal dari masuknya budaya Islam di Indonesia ini mampu menyesuaikan dengan nada-nada dari alat musik modern.

  1. Siter

alat musik harmonis
betyeka.blogspot.co.id

Setelah mengenal alat musik tradisional yang dimainkan dengan digesek, kini ada alat musik yang dimainkan dengan dipetik. Siter mempunyai 11 pasang senar dengan dua laras nada, yaitu pelog dan selendro. Umumnya, siter berukuran panjang sekitar 30 cm. Saat memainkannya, siter ini dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kotak.

Musik tradisional daerah Jawa ini sering melibatkan siter dalam bermusik, yaitu masuk ke dalam salah satu alat musik gamelan Jawa Sunda. Terkadang siter ini dimainkan berpadu dengan kecapi. Sebagai salah satu alat musik harmonis, siter bisa fleksibel menyesuaikan alur nada agar selalu selaras.

Sebenarnya, alat musik ini tergolong fleksibel, di mana bisa memainkan nada melodis dan harmonis. Kedua jenis permainan nada tersebut bisa diperoleh berdasarkan cara memainkannya. Dengan kemampuannya yang fleksibel ini, siter bisa dimainkan secara bergantian untuk harmonis atau melodis.

  1. Sampek

alat musik harmonis
blackorchid44.blogspot.co.id

Pernah mendengar alat musik ini? Sampek adalah alat musik tradisional Kalimantan dari Suku Dayak. Alat musik ini tergolong dalam alat musik harmonis, yang bisa memainkan 3 nada sekaligus yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini punya banyak dawai dan dipetik dengan aturan-aturan tertentu.

Dalam implementasinya, sampek sudah biasa digunakan sebagai pengiring lagu-lagu daerah Kalimantan. Apabila implementasinya tersebut diperluas menjadi ansamble musik, pasti akan menghasilkan keserasian dan kekompakan nada. Meskipun berasal dari daerah, alat musik tersebut berpotensi.

  1. Sasando

alat musik harmonis
alatmusikindonesia.com

Berbeda dengan Sampek yang belum dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, sasando justru sudah dikenal. Bahkan, alat musik dari belahan Indonesia timur itu sudah go internasional. Wow, menakjubkan! Konser musik di luar negeri sudah menampilkan sasando sebagai nuansa baru di dunia musik internasional.

Kemampuan alat musik dari suku Rote, NTT ini sangat memukau dengan potensinya. Untuk menghasilkan nada-nada emasnya, sasando dimainkan dengan cara dipetik. Cara kerjanya hampir sama dengan harpa yang merupakan alat musik modern yang menghasilkan nada harmonis.

Menjaga kelestarian budaya Indonesia sangat diperlukan dan salah satunya bisa dilakukan dengan memainkannya bersama alat musik modern yang ada saat ini. Irama khas musik modern bisa dikombinasikan dengan musik tradisional untuk menghasilkan irama khas.


Setiap alat musik tersebut mampu menghasilkan nada-nada yang padu. Nada yang dihasilkan dari alat musik harmonis tradisional ini terdiri atas 3 nada atau lebih dengan suara yang selaras. Dengan demikian, terciptalah suatu harmoni atau keselarasan bunyi. Kita pantas berbangga dengan alat musik tradisional Indonesia yang beragam.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.