5 Cara Mudah Merawat Bunga Kertas Agar Cepat Berbunga dan Lebat

5 Cara Mudah Merawat Bunga Kertas Agar Cepat Berbunga dan Lebat

Cara Merawat Bunga Kertas – Bunga kertas atau sering juga disebut bunga bougenville sebenarnya dapat tumbuh subur di mana saja. Hanya saja cara perawatannya akan berbeda-beda bergantung dari lokasi penanaman seperti di dataran tinggi atau dataran rendah, misalnya.

Bunga kertas memiliki corak warna yang sangat beragam dan akan berbunga pada saat musim kemarau tiba. Warna bunga kertas yang umum dan sering dijumpai di Indonesia yakni bunga kertas yang berwarna putih, kekuningan, serta merah jambu.

Bunga berupa semak dan perdu kecil yang terdiri dari 20 jenis tanaman ini diperkirakan berasal dari Amerika Tengah dan Selatan serta Meksiko.

Morfologi atau Ciri-ciri Bunga Kertas

Ada baiknya sebelum tahu cara merawat bunga kertas yang baik dan benar, kita perlu mengetahui ciri-ciri fisik dari tanaman bunga cantik asal Meksiko ini. Secara umum morfologi tananaman bunga kertas adalah sebagai berikut:

Akar

cara merawat bunga kertas
youtube.com

Bunga kertas memiliki akar tunggang yang tumbuh vertikal, berserabut, dan ada akar cabang yang tumbuh melebat hingga mencapai kedalaman sekitar 50-80 cm.

Batang

cara merawat bunga kertas
www.flickr.com

Tanaman ini merupakan tanaman perdu tegak yang mampu tumbuh lurus hingga mencapai tinggi 2-4 meter. Batang bunga kertas bersifat kayu dan berwarna cokleat serta berbentuk bulat dengan duri-duri kecil. Percabangan tanaman bunga kertas adalah monopodial.

Daun

cara merawat bunga kertas
www.flickr.com

Berbentuk bulat melebar hingga memanjang dengan panjang sekitar 1-4 cm. Tepi daunnya merata dengan pertulangan menyirip bertulang tiga hingga lima bahkan lebih. Berwarna kehijauan muda hingga tua.

Bunga

cara merawat bunga kertas
commons.wikimedia.org

Disebut bunga kertas karena mahkota bunga ini sangat tipis dan kaku seperti lembaran kertas. Bunga kertas merupakan bunga majemuk berbentuk seperti payung bersusun-susun dan muncul di bagian ketiak daun.

Termasuk dalam golongan bunga tidak lengkap karena bunga kertas hanya terdiri dari, tenda bunga, tangkai putik, tangkai kepala putik, tangkai sari, dan benang sari tanpa adanya serbuk sari.

Tenda bunga kertas memiliki bentuk tabung bersegi lima, berambut, berwarna hijau dengan panjang antara 1,5-2,5 cm. Bunga kertas tersusun dari 1-7 anak payung bertangkai, dan masing-masing dari anak payung biasanya terdiri dari 3 bunga.

Macam-macam Bunga Kertas

Bunga kertas dapat tumbuh baik di daerah pantai hingga pegunungan dengan kisaran ketinggian 1-2.200 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini umumnya ditanam untuk dijadikan tanaman hias di pekarangan. Berikut adalah macam-macam bunga kertas yang umum tersebar di seluruh dunia.

1. California Gold

cara merawat bunga kertas
www.sperlingnursery.com

2. Gold Rush

cara merawat bunga kertas
www.monrovia.com

3. After Glow

cara merawat bunga kertas
www.flickr.com

4. Bambino Baby Allison

cara merawat bunga kertas
davesgarden.com

5. Bambino Baby Victoria

cara merawat bunga kertas
davesgarden.com

6. Bambino Baby Lauren

cara merawat bunga kertas
www.suggest-keywords.com

7. Bambino Ningili

cara merawat bunga kertas
davesgarden.com

8. Bambino Pedro

cara merawat bunga kertas
titania-lavenderandvanilla.blogspot.com

9. Bambino Majik

cara merawat bunga kertas
www.colourwise.com

10. Cherry Blossom

caribbeangarden.blogspot.com
caribbeangarden.blogspot.com

11. Coconut Ice

cara merawat bunga kertas
gretchenjoanna.blogspot.com

12. Alexandra

cara merawat bunga kertas
www.tandapagar.com

13. Barbara Karst

cara merawat bunga kertas
commons.wikimedia.org

Cara Memperbanyak Tanaman Bunga Kertas

Corak warna bunga kertas yang menarik tentu akan membuat semua mata tertuju pada keindahannya. Kadang kala merawat bunga kertas tidak cukup hanya satu sampai tiga pot saja. Semakin banyak tentu akan membuat semakin indah pekarangan rumah kita nantinya.

Berikut adalah cara memperbanyak bunga kertas dengan teknik yang umum dilakukan oleh pecinta tanaman hias. Teknik  tersebut sangat mudah dilakukan bahkan bagi pemula sekalipun untuk memperbanyak jumlah bunga kertas yang kita miliki nanti.

Stek Batang

cara merawat bunga kertas
www.wikihow.com

Potong batang tanaman bunga kertas yang terlihat sudah dewasa secara menyerong dan runcing. Setelahnya, tancapkan batang tersebut di media tanam hingga kedalaman kurang lebih 3-5 cm. Sebaiknya lakukan penanaman dengan cara stek batang ini pada pagi atau malam hari, agar tingkat harapan hidup tunas baru semakin tinggi.

Sambung Pucuk

cara merawat bunga kertas
ardaguero.blogspot.com

Teknik tanam ini dilakukan untuk memperolah warna bunga yang beragam dalam satu batang tanaman. Teknik sambung pucuk ini cukup mudah dilakukan, hanya saja kita perlu keberanian ketika menyambungkan cabang muda bunga kertas dengan cabang yang telah dewasa. Selang beberapa waktu, cabang-cabang muda itu nantinya akan menyatu dengan cabang utama.

Cara Merawat Bunga Kertas

Bunga kertas sebenarnya adalah bunga yang mudah dalam perawatannya, tidak seperti merawat bunga lavender yang sedikit lebih rumit. Namun, jika kita ingin membuatnya rajin berbunga maka perlu diperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Selain perlu melakukan pemotongan dengan teknik tertentu, kita juga perlu mengetahui 5 cara mudah membuat bunga kertas rajin memekarkan bunga cantiknya.

1. Tanam di Media yang Tepat

pcwallart.com
pcwallart.com

Tumbuhan ini sangat suka dengan media tanam berpasir. Media tanam dengan pasir mempunyai pori-pori kecil yang berfungsi untuk melancarkan aliran udara serta sebagai drainase. Selain itu, pasir juga mampu menstabilkan kelembaban. Usahakan untuk menggunakan pasir malang. Tambahkan pasir ke dalam pot hingga memenuhi sepertiga tingga pot.

2. Letakkan di Tempat yang Penuh Cahaya Matahari

cara merawat bunga kertas
pcwallart.com

Bunga kertas merupakan jenis bunga yang memerlukan cahaya matahari selama satu hari penuh bahkan saat terik sekalipun. Oleh karenanya, tanamlah bunga kertas di tempat terbuka yang pancaran cahaya mataharinya tidak terhalang oleh apapun.

3. Lakukan Penyiraman Sesuai Kondisi

cara merawat bunga kertas
www.duncanville.com

Pertumbuhan bunga kertas sangat dipengaruhi oleh penyiraman yang teratur. Perlu diperhatikan bahwa ada masa dalam satu tahun, bunga kertas tidak memerlukan air. Umumnya masa itu disebut sebagai masa kering.

Masa ini dimulai ketika mulai munculnya satu atau dua buah kuncup bunga kertas dan biasanya terjadi selama tiga sampai empat hari. Kegunaan dari adanya masa kering ini adalah untuk menstimulasi pertumbuhan kuncup-kuncup tersebut.

Di masa kering inilah kita melakukan stress air kepada tanaman bunga kertas kita. Maksudnya adalah tanaman bunga kertas tidak kita siram selama beberapa hari dengan perhitungan tanaman tidak mati. Setelah perlakuan ini, kemungkinan daunnya akan rontok sebagian dan tanaman mulai mengeluarkan kuncup bunga.

4. Lakukan Pemangkasan Cabang dan Ranting

cara merawat bunga kertas
pixabay.com

Pangkaslah ranting atau cabang bunga kertas secara teratur. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan keduanya untuk tumbuh dan membuat bunga kertas tampak lebih subur dan terlihat cantik. Potong juga akarnya agar sesuai dengan volume pot tempat bunga kertas ditanam.

Selalu perhatikan faktor estetika ketika memangkas ranting atau cabang bunga kertas. Cukup potong bagian yang panjangnya berlebihan. Selain itu, jangan biarkan tanaman bunga kertas kita dipenuhi banyak dedaunan saja. Karena nutrisi yang diserap nanti akan terbagi-bagi ke daun dan munculnya kuncup bunga yang baru.

5. Tambahkan Pupuk dan Semprot Secukupnya

cara merawat bunga kertas
gardeningtipsforyou.com

Bunga kertas sebenarnya tidak terlalu membutuhkan banyak pupuk. Akan tetapi, jika ingin memperoleh tanaman bunga kertas yang tumbuh lebih sehat, pemupukan bisa dilakukan secukupnya saja. Proses pemupukan pada bunga kertas dilakukan saat masa kering berlangsung.

Akan lebih baik jika pupuk yang digunakan adalah pupuk organik ataupun kompos, tentu dengan dosis yang sewajarnya. Hindari penggunaan pupuk kimia apalagi jika kita belum terlalu paham menggunakannya secara tepat.

Lakukan penyemprotan cairan anti hama agar bunga kertas terhindar dari serangan hama seperti ulat ataupun serangga yang berpotensi merusak penampilan bunga kertas.

Manfaat Bunga Kertas

cara merawat bunga kertas
folkhaven.wordpress.com

Selain memiliki bunga yang bercorak indah dan sedap dipandang mata, bunga kertas juga mempunyai beberapa manfaat yang bagus untuk kesehatan. Berikut adalah 10 manfaat bunga kertas yang diperoleh dengan mengolahnya terlebih dahulu atau cukup ditanam saja.

1. Mengatasi Resistensi Insulin

Zat yang terkandung dalam bunga kertas berupa senyawa pinitol dipercaya mampu mengobati masalah ini. Untuk mengatasinya, bunga kertas dikeringkan terlebih dahulu untuk kemudian dijadikan sebagai teh.

2. Mengobati Batuk

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan bagian kulit batang bunga kertas dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu. Kemudian, tumbuk sampai benar-benar halus. Setelah itu, campur bubuk tersebut dengan segelas air matang dan kumurkan.

3. Membunuh Bakteri

Ekstrak daun bunga kertas ternyata ampuh melawan pertumbuhan bakteri tidak baik di pencernaan kita terutama mampu menyembuhkan diare serta masalah pencernaan lainnya.

4. Mengatur Tekanan Darah

Di Meksiko sendiri, bunga kertas sudah dijadikan minuman alami untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi. Senyawa yang ada di bunga kertas mampu menghambat masalah penumpukan plak di pembuluh darah sehingga bunga kertas bisa digunakan sebagai pengatur tekanan darah.

5. Pembersih Udara

Bunga kertas ternyata memiliki kemampuan menyaring udara yang baik. Efeknya mampu meningkatkan kualitas udara serta air sehingga dapat menekan polusi akibat dari udara yang kotor dan timbal. Oleh karenanya, bunga kertas sering terlihat sebagai penghias di pinggir jalan atau rumah.

6. Menjaga Keseimbangan Kadar Kolesterol

Sejak zaman dahulu, teh bunga kertas telah dikonsumsi sebagai obat herbal di negara asal bunga ini yakni Meksiko. Untuk menjaga tekanan darah dan sebagai penyeimbang kadar kolesterol, ekstrak daun bunga kertas bisa dikonsumsi secara rutin.

7. Mengatasi Masalah Pencernaan

Rebusan daun bunga kertas mampu mengatasi masalah pencernaan seperti asam lambung, perut kembung serta diare. Selain itu, senyawa anti inflamasi pada bunga ini mampu memberi efek menenangkan bagi usus kita.

Cara pembuatan rebusan bunga kertas, yaitu: ambil beberapa lembar daun bunga kertas, rebus bersama 3 gelas air, tunggu hingga mendidih sampai tersisa setengah gelas saja. Campur dengan madu, kemudian minum.

8.Pengganti Antibiotik

Bunga ini mengandung metanol khusus dan berfungsi sebagai antibiotik alami untuk mengatasi menyebarnya bakteri di dalam tubuh kita.

9. Sumber Antioksidan Alami

Ekstrak bunga kertas mampu mengatasi radikal bebas dalam tubuh terutama pada saluran pencernaan karena memiliki zat antioksidan yang tinggi.

10.Dapat Mencegah Peradangan pada Lambung

Senyawa kimia yang terdapat dalam bunga kertas mampu menimbulkan perlindungan serta menenangkan untuk usus. Bunga kertas bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi peradangan di bagian usus tersebut.


Demikian pembahasan mengenai 5 cara mudah merawat bunga kertas agar sering berbunga. Bagi para pecinta tanaman hias seperti bunga kertas dan anggrek, tentu harus mengetahui hal-hal mendasar seperti yang telah dibahas di atas agar mendapatkan tanaman hias yang sehat dan tampil menarik.

3 Comments

    1. Hai Kak Handoko, untuk pupuknya kita kurang tahu kak. Tapi, bisa ditanyakan langsung ke toko yang menjual peralatan perkebunan, kok. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.